Efek Samping Mengkonsumsi Daun Sirsak Untuk Kesehatan

     Efek samping daun sirsak sampai saat ini masih menjadi perdebatan. Ada yang mengatakan bahwa daun sirsak mempunyai efek samping positif, ada pula yang mengatakan daun sirsak juga berbahaya untuk kesehatan tubuh. Kedua pernyataan ini benar adanya, daun sirsak tidak hanya mempunyai efek samping positif saja namun juga mengakibatkan efek samping negatif bagi kesehatan tubuh. Efek samping negatif pada daun sirsak ini timbul karena konsumsi berlebihan daun sirsak.
Nah, untuk menambah pengetahuan kamu, dalam artikel kali ini akan dibahas mengenai efek samping dari daun sirsak yang positif maupun yang negatif.

Efek Samping Positif Daun Sirsak

efek samping positif daun sirsak
www.daunsirsak.xyz
Efek samping daun sirsak yang positif untuk kesehatan tubuh cukup banyak, baik untuk pengobatan penyakit dalam maupun pengobatan penyakit luar. Berikut ini beberapa efek positif daun sirsak untuk kesehatan tubuh:

#1 Mengobati Kanker dan Tumor

Efek samping minum rebusan daun sirsak secara rutin dalam jumlah tertentu bisa membantu membunuh sel kanker dan sel tumor yang berkembang di dalam tubuh. Hal ini dikarenakan daun sirsak mengandung antioksidan dan antibakteri yang bisa membunuh sel kanker dan tumor secara efektif yang ada di dalam tubuh. Baca : Manfaat Daun Sirsak Untuk Kanker.

#2 Mengobati Bisul

Bagi kamu yang sering menderita bisul bisa menggunakan daun sirsak untuk mengobati bisul yang kamu derita. Kandungan anti bakteri dalam daun sirsak bisa membunuh secara tuntas kuman dan virus yang mengakibatkan bisul. Adapun cara mengobati bisul dengan daun sirsak yaitu dengan mengoleskan tumbukan daun sirsak pada bisul.

#3 Mengobati Eksim

Efek samping daun sirsak yang positif yaitu bisa mengobati eksim pada kulit tubuh. Sama halnya dengan cara mengobati bisul dengan daun sirsak, untuk mengobati eksim dengan daun sirsak bisa menggunakan daun sirsak yang sudah ditumbuk ataupun dengan menggunakan air rebusannya.
#4 Mengatasi Keputihan
Antioksidan dan anti bakteri yang terkandung dalam daun sirsak bisa membunuh kuman keputihan dalam organ kewanitaan. Untuk mengatasi keputihan dengan daun sirsak ini, gunakanlah air rebusan daun sirsak sebagai air pembasuh organ kewanitaan. Baca : Manfaat Daun Sirsak Untuk Keputihan.

Efek Samping Negatif Daun Sirsak

efek samping negatif daun sirsak
www.fotolepas.com
Selain efek samping yang positif, kandungan dalam daun sirsak juga bisa memberikan efek samping yang negatif untuk tubuh. Efek samping daun sirsak yang negatif diantaranya yaitu:

#1 Menyebabkan Dehidrasi

Konsumsi air rebusan daun sirsak yang terlalu banyak bisa menimbulkan dehidrasi. Oleh karena itu, ketika mengkonsumsi air rebusan daun sirsak tetap harus diimbangi dengan konsumsi air putih dalam jumlah yang cukup.

#2 Mengganggu Kerja Ginjal

Efek samping daun sirsak bagi ginjal yaitu bisa mengganggu kerja ginjal. Orang yang mengkonsumsi rebusan daun sirsak secara terus menerus akan memaksa ginjalnya bekerja terlalu keras setiap hari. Ginjal yang bekerja terlalu keras lama-lama juga akan mengalami gangguan.

#3 Mengganggu Kerja Hati

Tidak hanya mengganggu kerja ginjal saja namun efek samping daun sirsak juga bisa mengganggu kerja hati. Dimana sistem ekskresi hati ini sama dengan ginjal akan bekerja keras setiap ada benda asing yang masuk ke dalam tubuh termasuk air rebusan daun sirsak.

#4 Menyebabkan Sakit Pada Sendi dan Otot

Efek samping konsumsi daun sirsak yang berlebihan yaitu sakit pada bagian sendi dan otot. Sakit ini diakibatkan karena kadar asam urat dalam tulang meningkat karena konsumsi daun sirsak yang berlebihan.
Dengan mengetahui efek samping daun sirsak yang positif dan negatif ini tentunya akan membuat kamu semakin paham mengenai manfaat dan khasiat daun sirsak. Adanya efek samping yang negatif dan positif pada daun sirsak ini membuat kita harus membatasi konsumsi daun sirsak untuk pengobatan dalam tubuh.


http://alwib.net/efek-samping-daun-sirsak/

0 komentar:

Posting Komentar