Menganalisis jenis makanan terkait kesehatan dan pertumbuhan



Haduh, udah lama yaa saya gak ngepost artikel di blog ini. Bahkan gara-gara off hampir setahun blog saya jadi bermasalah. Maklumlah semenjak masuk SMA ini waktu saya udah gak ada waktu luang lagi, bahkan libur pun masih dapat tugas juga (weleh weleh -__- ). Jadi , Alhamdulillah akhirnya saya akhirnya bisa nge post artikel.  Langsung aja yuks kita simak baik-baik ya artikelnya biar ilmu saya bermanfaat, kalian semua juga dapat ilmu baru. Tenang, ini sifatnya umum kok. Tentang “MAKANAN SEHAAT”. Zrrrrrrrrrrrrrrrrttt……

A. Pengertian Makanan Sehat
Makanan yang dikategorikan sebagai makanan sehat adalah makanan yang mengandung unsur-unsur zat yang dibutuhkan tubuh dan tidak mengandung bibit penyakit atau racun. Namun, makanan yang dikategorikan sehat ini sangat berhubungan dengan sikap dan pola makan dari setiap orang. Jadi makanan yang mengandung unsur-unsur bergizi harus disertai dengan upaya menjaga kebersihan dan kesehatan orang yang mau memakannya.
Secara umum, makanan mempunyai beberapa fungsi antara lain :piramida-mkn-1
1. Pertumbuhan dan perkembangan tubuh.
2. Pemeliharaan dan perkembangbiakan sel-sel tubuh yang telah rusak atau tua.
3. Pengatur metabolisme tubuh.
4. Penjaga keseimbangan cairan tubuh.
5. Pertahanan tubuh terhadap penyakit.
6. Penghasil energi.
Syarat-syarat makanan yang baik bagi kesehatan antara lain sebagai berikut :
a. Higienis yaitu tidak mengandung kuman-kuman penyakit dan zat racun yang membahayakan tubuh.
b. Bergizi yaitu cukup mengandung kalori, karbohidrat, lemak, dan protein yang mengandung 10 asam amino esensial.
c. Mudah dicerna.
d. Bervitamin dan bermineral.
e. Cukup mengandung air.


B. Zat Makanan Sehat Yang Dibutuhkan Tubuh
Manusia memerlukan zat makanan yang dibutuhkan agar tubuh dapat beraktivitas dengan normal. Untuk itu, tubuh kita harus diberi makanan yang bergizi dan sehat. Unsur-unsur makanan sehat adalah makanan yang mengandung zat-zat seperti : protein, lemak, karbohidrat, mineral, vitamin, air dengan takaran yang seimbang.
1. Protein, terutama terdapat di dalam jaringan otot gerak, jantung, alat-alat yang mengandung otot polos, kulit, dan sel darah merah.
2. Zat lemak, terdapat di bawah kulit, di sekitar jaringan otot juga di dalam dinding rongga-rongga badan serta jaringan syaraf dan otak.
3. Karbohidrat (hidrat arang), merupakan zat gula yang terdapat di jaringan-jaringan tubuh pada umumnya, terdapat di dalam aliran darah dan sebagian ditimbun di dalam jaringan hati.
4. Air, terdapat hampir di semua jaringan tubuh.
5. Mineral, bagian terbesar dari tulang-belulang manusia. Adapun sumber dan fungsi beberapa mineral sebagai berikut.
a. Natrium
Bersumber dari garam dapur, daging, telur, susu. Fungsinya memelihara keseimbangan cairan tubuh, mengatur permeabilitas. Gejala keracunannya ialah hipertensi. Gejala kekurangannya ialah gangguan jantung dan ginjal, kejang otot.
b. Kalium (K)
Bersumber dari daging, buah-buahan dan sayuran. Fungsinya memelihara keseimbangan air dalam sel-sel tubuh, memelihara denyut jantung. Gejala keracunannya ialah kelemahan otot, denyut jantung tidak teratur. Gejala kekurangannya ialah gangguan pernafasan, denyut jantung tidak normal.
c. Kalsium (Ca)
Bersumber dari biji-bijian,kerang, ikan , susu, keju. Fungsinya memelihara tulang dan gigi, membantu pembekuan darah, membantu kontraksi dan relaksasi otot. Gejala keracunannya ialah muntah, mual, sakit perut, koma. Gejala kekurangannya ialah pembekuan darah lambat, tulang menjadi rapuh, kekejangan otot.
d. Fosfor (P)
Bersumber dari susu, daging, telur, kacang-kacangan. Berfungsi sebagai membentuk dan memelihara tulang dan gigi, mengatur keseimbangan asam basa tubuh. Gejala keracunannya ialah belum diketahui. Gejala kekurangannya ialah tulang dan gigi menjadi rapuh, kehilangan nafsu makan, lesu.
e. Magnesium (Mg)
Bersumber dari padi-padian, kacang-kacangan, daging, susu. Fungsinya berperan dalam sintesis protein, penting dalam kesehatan otot dan saraf. Gejala keracunan ialah gangguan fungsi saraf. Gejala kekurangannya ialah gangguan mental, emosi dan otot.
f. Klorin (Cl)
Bersumber garam dapur, daging, telur, susu. Fungsinya memelihara keseimbangan air dan asam basa tubuh, berperan sebagai komponen asam lambung. Gejala keracunannya belum diketahui. Gejala kekurangannya ialah gangguan pencernaan, mual, rambut rontok, lesu.
g. Belerang (S)
Sumbernya dari buah-buahan, sayur-sayuran, telur, susu. Fungsinya untuk membantu penyimpanan dan pembebasan energi, memelihara otot dan saraf, meningkatkan kerja enzim tertentu. Gejala kekurangannya dan gejala keracunannya belum diketahui.
h. Zat besi (Fe)
Sumbernya dari buah-buahan, sayur-sayuran, daging, hati, telur dan susu. Fungsinya membentuk hemogoblin, berperan dalam respirasi seluler, mengatur reaksi kimia dan biologis dalam tubuh. Gejala kekurangannya anemia, lesu, pusing. Gejala keracunannya ialah gangguan fungsi pankreas dan hati.
i. Yodium (I)
Sumbernya dari garam beryodium, ikan laut. Fungsinya membantu fungsi kelenjar tiroid, berperan dalam pembentukan tiroksin. Gejala keracunannya jarang terjadi. Gejala kekurangannya ialah menderita penyakit gondok, kretinisme (kekerdilan) pada anak-anak.
j. Fluorin (F)
Sumbernya dari ikan, susu, otak, telur. Fungsinya untuk menguat tulang dan gigi. Gejala keracunannya gigi menjadi bercoreng-coreng. Gejala kekurangannya kerusakan gigi.
k. Tembaga (Cu)
Bersumber padi-padian, kacang-kacangan, ginjal, hati dan kerang. Fungsinya membentuk hemoglobin, membantu penyerapan zatbesi, memelihara fungsi sisteem saraf. Gejala keracunannya sakit kepala, pusing, mual, lesu dan diare. Gejala kekurangannya anemia, gangguan saraf dan tulang, luka-luka pada kulit.
6. Vitamin, dibutuhkan seluruh tubuh. Vitamin terbagi menjadi 2 yaitu vitamin yang larut dalam air dan vitamin yang larut dalam lemak.
 Vitamin yang larut dalam air
a. Vitamin B1
Bersumber dari tumbuhan polong-polongan, kulit ari, beras, hati, ginjal, otak, susu, telur. Fungsinya untuk mempengaruhi penyerapan zat lemak dalam tubuh, sebagai koenzim dalam metabolisme karbohidrat, mempengaruhi keseimbangan air dalam tubuh. Gejala kekurangannya ialah penyakit beri-beri, neuritis, gangguan sistem transportasi cairan tubuh.
b. Vitamin B2
Bersumber dari sayuran hijau, padi-padian, hati, susu, telur. Fungsinya untuk memelihara nafsu makan dan fungsi saraf, memelihara jaringan, terutama kulit di sekitar mulut. Gejala kekurangannya ialah peradangan mulut, lidah, bibir dan kulit lelah serta pusing.
c. Vitamin B6
Bersumber dari sayuran hijau, padi-padian, hati, daging, susu, telur. Fungsinya berperan dalam pembuatan sel-sel darah danantibodi, memelihara keseimbangan fosfor dan natrium. Gejala kekurangannya ialah anemia, mudah terkena infeksi dan radang kulit serta gelisah.
d. Vitamin B12
Bersumber dari daging, hati, ikan, udang, susu, telur. Fungsinya berperan dalam pembentukan sel-sel darah dan jaringan tubuh. Gejala kekurangannya ialah anemia, mudah lelah dan pusing.
e. Vitamin C
bersumber dari sayuran segar, buah-buahan (jeruk, pepaya, nanas, tomat dan semangka) , hati, ginjal. Fungsinya untuk memebentuk sel-sel tubuh dan pembuluh darah, membantu penyerapan zat gizi besi dan kalsium, menyembuhkan luka, mejaga gigi melekat kuat pada gusi. Gejala kekurangannya ialah pendarahan gusi, sariawan, nafsu makan berkurang, sakit pada otot dan sendi, lesu,dan mudah marah.
 Vitamin yang larut dalam lemak
a. Vitamin A
Bersumber dari sayur-sayuran dan tumbuh-tumbuhan berwarna kuning dan merah, hati, telur, susu. Fungsinya untuk memelihara kesehatan mata, kulit, rambut, tulang dan gigi, penting dalam pertumbuhan. Gejala kekurangannya ialah kulit menjadi kasar, peradangan, mata menderita xeroftalmia (penyakit mata).
b. Vitamin D
Bersumber dari minyak, ikan,susu, telur dan sinar matahari. Fungsinya untuk membantu penyerapanfosfor dan metabolisme kalsium, memelihara kesehatan tulang dan gigi. Gejala kekurangannya ialah rakhitis (pada bayi) dan osteomalsia (pada orang dewasa.
c. Vitamin E
Bersumber dari kecambah, gandum, minyak tumbuhan. Fungsinya sebagai pelindung sel-sel darah merah, mencegah kebanyakan asam lemak. Gejala kekurangannya ialah sel darahmerah pecah, penimbunan lemak padaotot.
d. Vitamin K
Bersumber dari bayam, kangkung, hati, daging. Fungsinya untuk embantu proses pembekuan darah dan pembentukan protombin. Gejala kekurangannya ialah pembekuan darah lambat dan terjadi pendarahan.
7. Zat besi, terdapat pada sel darah merah.
8. Yodium, terdapat pada kelenjar gondok.
9. Zat kapur, terdapat dalam darah.
C. Manfaat Unsur-Unsur Makanan
Zat-zat yang dikandung dalam makanan mempunyai fungsi atau manfaatnya tersendiri bagi tubuh kita. Zat-zat yang dibutuhkan tubuh fungsinya sebagai zat tenaga, sebagai pembangun, sebagai pengatur, dan sebagainya.
1. Zat tenaga
Zat tenaga biasa berasal dari karbohidrat, lemak dan protein. Unsur-unsur ini biasa terdapat pada nasi, jagung, daging, telur, dan lain sebagainya.
2. Zat pembangun
Dalam makanan terdapat zat yang disebut dengan zat pembangun. Unsur-unsur makanan yang mengandung zat pembangun adalah protein, mineral dan air. Unsur-unsur ini harus seimbang agar kesehatan seseorang terjaga dengan baik.
3. Zat pengatur
Makanan yang terdapat zat pengatur adalah mineral, vitamin-vitamin, dan air. Zat-zat ini mudah diperoleh dalam makanan yang kita makan.
D. Minuman Sehat
Air minum yang sehat adalah air minum yang cukup mengandung mineral yang dibutuhkan tubuh. Air minum sehat juga berarti air minum yang bebas dari bibit penyakit dan racun.
Memiliki minuman memang tak lepas dari masalah selera. Namun sebaiknya kita tidak melupakan segi kesehatan. Kita perlu mengetahui unsur-unsur apa saja yang terdapat dalam suatu jenis minuman. Apakah minuman itu merupakan minuman yang dibutuhkan tubuh kita atau tidak. Atau apakah minuman itu termasuk minuman yang bersih dan sehat? Berikut adalah beberapa syarat air yang bersih dan sehat.
1. Harus jernih tak berwarna, tak berbau, dan tak berasa ( asin, manis, pahit, atau getir) atau disebut air yang memenuhi persyaratan fisis.
2. Tidak mengandung zat yang membahayakan kesehatan, seperti zat tembaga, zat seng, zat racundan alkohol. Atau disebut air yang memenuhi persyaratan khemis (kimiawi).
3. Tidak mengandung benih-benih penyakit, misalnya penyakit typhus, dan dysentri.
4. Cukup mengandung mineral yang dibutuhkan tubuh.
E. Gizi Seimbang
Ada beberapa minuman yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita seperti air, kopi, teh, susu, dan lain sebagainya. Semua minuman bermanfaat bagi tubuh kita namun belum tentu semuanya dibutuhkan oleh tubuh kita. Karena itu kita perlu menjaga keseimbangan gizi. Lalu apa yang dimaksud dengan gizi seimbang?
Gizi seimbang adalah susunan menu seimbang yang dapat memberikan :
1. Cukup kalori/energi, guna memenuhi pengeluaran energi setiap hari.
2. Cukup protein, guna memenuhi keperluan tubuh untuk pertumbuhan.
3. Cukup lemak, guna keperluan tubuh akan asam lemak tak jenuh dan untuk menggunakan vitamin-vitamin yang larut dalam lemak.
4. Cukup vitamin dan mineral.
Menu yang seimbang ini lebih lazim disebut hidangan 4 (empat) sehat 5 (lima) sempurna. Empat Sehat Lima Sempurna adalah terdiri dari berbagai unsur makanan dan minuman yang biasa dimakan orang setiap hari, yaitu :
a. Makanan Pokok
Makanan utama berfungsi sebagai sumber tenaga bagi tubuh untuk dapat mampu malakukan aktifitas sehari-hari. Contohnya seperti nasi, jagung, oat, kentang, gandum / tepung terigu, serta umbi-umbian lainnya.
b. Lauk-Pauk
Lauk pada makanan memiliki fungsi untuk memenuhi kebutuhan zat pembangun pada tubuh. Misalnya yaitu tempe, tahu, telur, daging, ikan, dan lain-lain.
c. Sayur-Mayur
Sayur-sayuran pada makanan memiliki fungsi untuk memenuhi kebutuhan zat pengatur pada tubuh. Contoh : Kangkung, bayam, terong, tomat, cabe, kacang panjang, kol gepeng, labu siam, dan lain sebagainya.
d. Buah
Mirip dengan sayur mayur, buah-buahan pada makanan memiliki fungsi untuk memenuhi kebutuhan zat pengatur pada tubuh. Contohnya yakni apel, manggis, markisa, kesemek, salak pondoh, duren, dan lain sebagainya.
e. Susu
Susu sebagai pelengkap di mana tidak ada kewajiban atau keharusan kita untuk mengkonsumsi atau meminumnya. Namun tidak ada salahnya jika kita minum susu setelah makan, karena mengandung berbagai macam kandungan zat yang berguna dan baik bagi tubuh kita.



F. Gangguan Kesehatan Akibat Gizi Yang Kurang Sempurna
Kekurangan unsur-unsur makanan dapat menimbulkan gangguan kesehatan seperti contoh :
1. Kekurangan protein akan menyebabkan penyakit kwashiorkor.
2. Kekurangan vitamin A mengakibatkan kerusakan mata.
3. Kekurangan vitamin B mengakibatkan penyakit beri-beri.
4. Kekurangan yodium menimbulkan pembengkakan kelenjar gondok.
5. Kekurangan zat kapur menyebabkan terganggunya pertumbuhan tulang dan gigi.
6. Kekurangan karbohidrat menurunkan kekuatan daya gerak.


G. Pemilihan Makanan Dan Minuman Sehat
Menyiapkan makanan atau minuman yang sehat bukan hal yang mudah, perlu waktu yang cukup untuk melakukannya. Di pasaran, makanan atau minuman olahan beredar dalam berbagai kemasan seperti botol, plastik, kaleng dan lain-lain. Ada beberapa informasi yang jelas tentang makanan olahan itu yang harus diketahui oleh konsumen seperti :
a. Harga, bisa berbeda antara pasar satu dengan pasar lainnya. Hal ini perlu diketahui konsumen agar ia dapat membandingkan dan membeli barang dengan harga sesuai.
b. Label. Konsumen harus memperhatikan kemasan yang meliputi nama produk, daftar bahan yang digunakan, berat atau isi bersih, nama dan alamat produsen serta tanggal kadaluarsanya.
c. Kemasan dan perubahan fisik. Produk yang sudah rusak tidak dapat dikonsumsi lagi. Dengan demikian, kemungkinan isinya sudah rusak, terkontaminasi & berbahaya. Jika terdapat perubahan warna, bentuk, rasa, bau yangtidak enak merupakan tanda-tanda isi dalam produk itu telah rusak.
d. Kadaluwarsa, merupakan batas akhir yang aman dari produk makanan ataupun minuman untuk dapat dikonsumsi dan dijamin mutunya. Sebaiknya konsumen mengkonsumsi makanan atau minuman kemasan sebelum tanggal kadaluwarsanya.
e. Makanan dan minuman dalam kaleng. Pilihlah yang tidak penyok, tidak berkarat, tidak cembung dan sudah terdaftar di dalam Departemen Kesehatan.
Dalam mengkonsumsi makanan dan minuman, untuk mendapatkan manfaatnya bagi kesehatan harus memperhatikan beberapa hal yaitu :
 Mengkonsumsi makanan yang bergizi seimbang karena memiliki manfaat positif yang lebih banyak untuk tubuh kita. Contohnya sayur-sayuran dan buah-buahan.
 Jangan terlalu sering mengkonsumsi makanan cepat saji (fast food). Fast food merupakan makanan yang saat ini banyak beredar di masyarakat karena kepraktisan dalam membuatnya sehingga tidak memakan waktu yang lama untuk membuat makanan tersebut. Namun, hal yang perlu diingat ialah bahwa fastfood umumnya sedikit atau bahkan tidak mengandung serat. Padahal serat ialah zat yang dibutuhkan oleh tubuh yang berguna untuk memperlancar metabolisme pencernaan manusia.
 Pilihlah makanan yang mengandung kolesterol yang rendah. Apabila kita terlalu sering mengkonsumsi makanan berkolesterol tinggi maka akan timbul berbagai penyakit seperti strok atau penyakit jantung koroner.
 Menerapkan sarapan sehat. Sarapan merupakan hal yang harus dilakukan setiap pagi. Manfaat yang diperoleh dari sarapan pagi diantaranya ada dua. Pertama, dengan sarapan maka tubuh kita akan mendapat asupan glukosa dari makanan yang kita makan sehingga dapat menjalankan aktivitas secara lebih baik. Kedua, sarapan memebrikan kontribusi penting dalam penyediaan gizi seperti protein, lemak, vitamin, mineral dan lain sebagainya yang bermanfaat untuk proses fisiologis dalam tubuh.
Contoh makanan 4 sehat 5 sempurna
hdhs                                                                    air
Contoh minuman sehat




https://diniollivia.wordpress.com/2015/03/01/menganalisis-jenis-makanan-terkait-kesehatan-dan-pertumbuhan/
Kita semua tahu bahwa kesehatan gigi adalah penting, terutama untuk mencegah gigi berlubang. Pada intinya, selama kita rajin menyikat gigi beberapa kali sehari, dan pembersihannya rutin, kita sudah dapat menjaga gigi dan gusi sehat. Namun menurut beberapa penelitian, perawatan seperti itu kadang-kadang lebih sulit. Terutama bagi mereka yang suka makan mentah , karena mereka lebih beresiko mengalami kerusakan gigi. Namun ada beberapa langkah tambahan selain melakukan sikat gigi beberapa kali sehari, sebagai cara alami untuk mencegah gigi berlubang. Advertisement Kenapa gigi bisa berlubang? Gigi berlubang adalah jenis infeksi yang disebabkan oleh bakteri yang merusak gigi. Semua manusia memiliki bakteri dalam mulut mereka, dan juga dapat dengan mudah menumpuk di permukaan gigi, terutama setelah makan. Seiring waktu, jika tidak teratur disikat atau membersihkan gigi, bakteri dapat membentuk lapisan tipis pada gigi yang disebut “plak.” Dan Plak lebih sulit untuk dihilangkan, kecuali dengan alat-alat khsusus untuk gigi. Plak secara bertahap akan melarutkan mineral pada permukaan gigi, sehingga akan memngakibatkan lubang kecil, dan akan menjadi semakin besar dari waktu kewaktu. Meskipun semua orang berisiko mendapat gigi berlubang, namun beberapa orang memiliki faktor risiko lebih tinggi dari yang lain. Mereka yang suka permen, dan mereka yang sering makan makanan mentah, mungkin lebih beresiko mendapat gigi berlubang. Makanan yang dapat menempel pada gigi, seperti produk susu, buah-buahan kering, dan kue lebih mungkin akan menyebabkan pembusukan dibandingkan dengan makanan lainnya. Mereka yang gemar minum minuman asam, atau ngemil lebih berisiko, atau orang yang menderita gangguan makan, mulas, atau mulut kering. Usia juga berpengaruh terhadap peningkatan resiko, orang yang lebih tua lebih berisiko. Ketidakseimbangan nutrisi juga dapat merubah proses kimia tubuh yang dapat membuat gigi lebih rentan terhadap kerusakan. Dr Melvin Page, yang menulis Cure Tooth Decay: “Menyembuhkan dan Mencegah Gigi berlubang dengan Nutrisi”, mencatat bahwa gangguan rasio kalsium dengan fosfor di dalam darah dapat menyebabkan kerusakan gigi dan penyakit gusi. Berikut Cara Alami Mencegah Gigi berlubang Selain menyikat gigi dan flossing secara teratur, ada cara lain untuk menghancurkan plak dan gigi agar tetap aman dari bakteri yang dapat merusak gigi. Hindari gula halus: Makanan yang mengandung gula rafinasi lebih mungkin untuk menciptakan plak gigi. Minum teh hijau dan teh hitam: Teh mengurangi dan menekan pambentukan plak dan membantu menekan tingkat jumlah bakteri di dalam mulut. Sikat gigi sebelum sarapan: Bakteri suka beraktifitas di mulut Anda pada malam hari, sehingga menyikat gigi di pagi hari dapat membantu menyingkirkan plak yang lengket. Terutama jika Anda minum jus jeruk atau minuman asam lain di pagi hari, menyikat sebelum makan dapat lebih melindungi gigi Anda. Makanan asam melemahkan enamel selama setidaknya satu jam setelah konsumsi, sehingga menyikat dalam waktu satu jam setelah makan atau minum makanan asam, benar-benar dapat melemahkan enamel dan menyebabkan kerusakan permanen. Makan-makanan yang sehat bagi gigi: Keju, kacang-kacangan, dan apel dapat membantu memecah plak yang melekat pada gigi Anda. Makanan tinggi serat juga dapat membantu meningkatkan produksi air liur dalam mulut Anda, yang berfungsi sebagai pelindung alami untuk gigi. Mengunyah permen karet bebas gula: Mengunyah permen karet akan menstimulasi mulut untuk memproduksi air liur, dan ini baik untuk gigi Anda. Hal ini akan membantu membersihkan gigi dari partikel sisa makanan setelah makan. Minum minuman berkarbonasi dengan sedotan: Minuman berkarbonasi masih melemahkan enamel. Sebuah studi 2007, menemukan bahwa minuman soda rasa, walaupun bebas gula, namun tetap berpotensi erosif karena sifat asamnya. Menyeruput dengan sedotan akan membantu menjaga asam jauh dari gigi Anda. Minyak bunga matahari: Ini adalah teknik kuno yang membantu membersihkan mulut dari bakteri penyebab gigi berlubang. Cukup kumur mulut Anda dengan minyak bunga matahari selama sekitar 15-20 menit. Minum lebih banyak air: Air tidak hanya membantu membersihkan gigi dari bakteri, serta juga penting untuk memproduksi air liur. Kumur dengan minyak pohon teh: Minyak alami ini memiliki sifat anti-bakteri yang kuat. Encerkan dalam air dan buat kumur sekali atau dua kali sehari. Nutrisi: Pastikan Anda mendapatkan cukup vitamin A, D, E, dan K dalam diet Anda, serta cukup kalsium, fosfor, magnesium, dan mineral penting lainnya. Jika mendapatkan gigi berlubang Bagaimana jika Anda sudah kebetulan mendapatkan gigi berlubang? Pergi ke dokter gigi untuk menambal mungkin menjadi ide yang baik, tergantung pada seberapa buruk lubang gigi. Lubang pada gigi yang tidak diobati bisa menjadi lebih buruk, dengan infeksi yang akan menggali lebih dalam ke saraf, dan menyebabkan kerusakan permanen. Ada beberapa solusi alami, namun bagaimanapun harus dilakukan penambalan, atau setidaknya dapat membantu untuk menghentikan infeksi. Minyak oregano: Beberapa orang telah sukses dengan antiseptik alami ini pada kerusakan gigi. Sebuah studi 2008 menemukan bahwa senyawa yang ditemukan dalam oregano memiliki sifat antimikroba ampuh. Zat anti bakteri: Coba gunakan pasta gigi yang diformulasikan untuk gigi berlubang , bilas, lap, dan semprot beberapa kali sehari.Formula dalam pasta gigi atau obat kumur dapat menghentikan bakteri dalam mulut dari asam yang menyebabkan kerusakan gigi dan gigi berlubang, serta membuat bakteri lebih sulit untuk menemukan tempat berlindung pada gusi dan gigi. Minyak Cengkeh: Ini adalah obat alami yang digunakan untuk mengobati sakit gigi. Tambahkan satu atau dua tetes minyak cengkeh ke dalam lubang gigi. Sage: Sage memiliki sifat antibakteri yang dapat menyembuhkan kerusakan gigi. Rebus bijak dalam air, dingin, dan gunakan sebagai obat kumur. Neem: Menyikat dengan batang neem atau mengunyah daun atau bijinya sudah lama dianggap sebagai cara terbaik untuk menghancurkan bakteri penyebab gigi berlubang. Sebuah studi 1996 menemukan bahwa batang neem dapat memperlambat pembentukan plak.

Read more at tipcaramanfaat.com: Cara Alami mencegah gigi berlubang
Kita semua tahu bahwa kesehatan gigi adalah penting, terutama untuk mencegah gigi berlubang. Pada intinya, selama kita rajin menyikat gigi beberapa kali sehari, dan pembersihannya rutin, kita sudah dapat menjaga gigi dan gusi sehat. Namun menurut beberapa penelitian, perawatan seperti itu kadang-kadang lebih sulit. Terutama bagi mereka yang suka makan mentah , karena mereka lebih beresiko mengalami kerusakan gigi. Namun ada beberapa langkah tambahan selain melakukan sikat gigi beberapa kali sehari, sebagai cara alami untuk mencegah gigi berlubang. Advertisement Kenapa gigi bisa berlubang? Gigi berlubang adalah jenis infeksi yang disebabkan oleh bakteri yang merusak gigi. Semua manusia memiliki bakteri dalam mulut mereka, dan juga dapat dengan mudah menumpuk di permukaan gigi, terutama setelah makan. Seiring waktu, jika tidak teratur disikat atau membersihkan gigi, bakteri dapat membentuk lapisan tipis pada gigi yang disebut “plak.” Dan Plak lebih sulit untuk dihilangkan, kecuali dengan alat-alat khsusus untuk gigi. Plak secara bertahap akan melarutkan mineral pada permukaan gigi, sehingga akan memngakibatkan lubang kecil, dan akan menjadi semakin besar dari waktu kewaktu. Meskipun semua orang berisiko mendapat gigi berlubang, namun beberapa orang memiliki faktor risiko lebih tinggi dari yang lain. Mereka yang suka permen, dan mereka yang sering makan makanan mentah, mungkin lebih beresiko mendapat gigi berlubang. Makanan yang dapat menempel pada gigi, seperti produk susu, buah-buahan kering, dan kue lebih mungkin akan menyebabkan pembusukan dibandingkan dengan makanan lainnya. Mereka yang gemar minum minuman asam, atau ngemil lebih berisiko, atau orang yang menderita gangguan makan, mulas, atau mulut kering. Usia juga berpengaruh terhadap peningkatan resiko, orang yang lebih tua lebih berisiko. Ketidakseimbangan nutrisi juga dapat merubah proses kimia tubuh yang dapat membuat gigi lebih rentan terhadap kerusakan. Dr Melvin Page, yang menulis Cure Tooth Decay: “Menyembuhkan dan Mencegah Gigi berlubang dengan Nutrisi”, mencatat bahwa gangguan rasio kalsium dengan fosfor di dalam darah dapat menyebabkan kerusakan gigi dan penyakit gusi. Berikut Cara Alami Mencegah Gigi berlubang Selain menyikat gigi dan flossing secara teratur, ada cara lain untuk menghancurkan plak dan gigi agar tetap aman dari bakteri yang dapat merusak gigi. Hindari gula halus: Makanan yang mengandung gula rafinasi lebih mungkin untuk menciptakan plak gigi. Minum teh hijau dan teh hitam: Teh mengurangi dan menekan pambentukan plak dan membantu menekan tingkat jumlah bakteri di dalam mulut. Sikat gigi sebelum sarapan: Bakteri suka beraktifitas di mulut Anda pada malam hari, sehingga menyikat gigi di pagi hari dapat membantu menyingkirkan plak yang lengket. Terutama jika Anda minum jus jeruk atau minuman asam lain di pagi hari, menyikat sebelum makan dapat lebih melindungi gigi Anda. Makanan asam melemahkan enamel selama setidaknya satu jam setelah konsumsi, sehingga menyikat dalam waktu satu jam setelah makan atau minum makanan asam, benar-benar dapat melemahkan enamel dan menyebabkan kerusakan permanen. Makan-makanan yang sehat bagi gigi: Keju, kacang-kacangan, dan apel dapat membantu memecah plak yang melekat pada gigi Anda. Makanan tinggi serat juga dapat membantu meningkatkan produksi air liur dalam mulut Anda, yang berfungsi sebagai pelindung alami untuk gigi. Mengunyah permen karet bebas gula: Mengunyah permen karet akan menstimulasi mulut untuk memproduksi air liur, dan ini baik untuk gigi Anda. Hal ini akan membantu membersihkan gigi dari partikel sisa makanan setelah makan. Minum minuman berkarbonasi dengan sedotan: Minuman berkarbonasi masih melemahkan enamel. Sebuah studi 2007, menemukan bahwa minuman soda rasa, walaupun bebas gula, namun tetap berpotensi erosif karena sifat asamnya. Menyeruput dengan sedotan akan membantu menjaga asam jauh dari gigi Anda. Minyak bunga matahari: Ini adalah teknik kuno yang membantu membersihkan mulut dari bakteri penyebab gigi berlubang. Cukup kumur mulut Anda dengan minyak bunga matahari selama sekitar 15-20 menit. Minum lebih banyak air: Air tidak hanya membantu membersihkan gigi dari bakteri, serta juga penting untuk memproduksi air liur. Kumur dengan minyak pohon teh: Minyak alami ini memiliki sifat anti-bakteri yang kuat. Encerkan dalam air dan buat kumur sekali atau dua kali sehari. Nutrisi: Pastikan Anda mendapatkan cukup vitamin A, D, E, dan K dalam diet Anda, serta cukup kalsium, fosfor, magnesium, dan mineral penting lainnya. Jika mendapatkan gigi berlubang Bagaimana jika Anda sudah kebetulan mendapatkan gigi berlubang? Pergi ke dokter gigi untuk menambal mungkin menjadi ide yang baik, tergantung pada seberapa buruk lubang gigi. Lubang pada gigi yang tidak diobati bisa menjadi lebih buruk, dengan infeksi yang akan menggali lebih dalam ke saraf, dan menyebabkan kerusakan permanen. Ada beberapa solusi alami, namun bagaimanapun harus dilakukan penambalan, atau setidaknya dapat membantu untuk menghentikan infeksi. Minyak oregano: Beberapa orang telah sukses dengan antiseptik alami ini pada kerusakan gigi. Sebuah studi 2008 menemukan bahwa senyawa yang ditemukan dalam oregano memiliki sifat antimikroba ampuh. Zat anti bakteri: Coba gunakan pasta gigi yang diformulasikan untuk gigi berlubang , bilas, lap, dan semprot beberapa kali sehari.Formula dalam pasta gigi atau obat kumur dapat menghentikan bakteri dalam mulut dari asam yang menyebabkan kerusakan gigi dan gigi berlubang, serta membuat bakteri lebih sulit untuk menemukan tempat berlindung pada gusi dan gigi. Minyak Cengkeh: Ini adalah obat alami yang digunakan untuk mengobati sakit gigi. Tambahkan satu atau dua tetes minyak cengkeh ke dalam lubang gigi. Sage: Sage memiliki sifat antibakteri yang dapat menyembuhkan kerusakan gigi. Rebus bijak dalam air, dingin, dan gunakan sebagai obat kumur. Neem: Menyikat dengan batang neem atau mengunyah daun atau bijinya sudah lama dianggap sebagai cara terbaik untuk menghancurkan bakteri penyebab gigi berlubang. Sebuah studi 1996 menemukan bahwa batang neem dapat memperlambat pembentukan plak.

Read more at tipcaramanfaat.com: Cara Alami mencegah gigi berlubang

Tips Menjaga Daya Tahan Tubuh Agar Selalu Sehat

   Tips Menjaga Daya Tahan Tubuh. Memiliki tubuh yang sehat merupakan keinginan setiap orang termasuk anda. Dengan tetap sehat, mka aktivitas yang kita lakukan bisa berjalan lancar dan sesuai dengan harapan kita. Dengan Sehat pula, maka kita tidak harus mengeluarkan waktu dan biaya untuk membeli obat atau pergi ke rumah sakit. Jadi kita harus selalu bersyukur dengan nikmat kesehatan yang di berikan Tuhan YME kepada kita semua. Ada berbagai tips yang berhubungan dengan kesehatan dan daya tahan tubuh. Lalu, apa saja tips menjaga daya tahan tubuh agar selalu sehat tersebut...???

    Sahabat, tips kesehatan. Ukuran sehat yaitu ketika kita mampu menjaga daya tahan tubuh dari serangan penyakit yang selalu menerpa seperti penyakit demam, flu, batuk dan lain-lain. Lalu bagaimana kita bisa menjaga daya tahan tubuh yang benar agar selalu sehat dan bugar setiap hari....???. Berikut ini tips kesehatan yaitu tips menjaga daya tahan tubuh agar selalu sehat :
  1. Cukup Istirahat. Istirahat yang cukup setiap harinya, merupakan salah satu faktor untuk menjaga daya tahan tubuh anda.
  2. Berpikir Positif. Di dalam tubuh yang sehat terdapat pikiran yang tenang dan sehat juga. Maka usahakan selalu berpikiran positif terhadap segala masalah yang menerpa kita.
  3. Rutin Berolahraga. Setiap pagi, usahakan selalu melakukan olahraga secara teratur. Ini bertujuan untuk menjaga kondisi tubuh agar selalu bugar dan sehat.
  4. Kebersihan Makanan. Selalu memastikan bahwa makanan yang anda makan sudah higienis atau sudah di cuci dengan bersih atau dimasak dengan matang yang sempurna.
  5. Kontrol Makanan. Makanlah dengan porsi yang wajar jangan berlebihan. Di khawatirkan badan anda akan mengalami kegemukan dan riskan terkena penyakit yang terkait dengan kegemukan atau obesitas.
  6. Makanan Berserat. Penuhi makanan yang berserat setiap harinya. Makanan yang berserat yaitu apel, wortel maupun kacang-kacangan. Fungsi makanan berserat ini yaitu menjaga tubuh dari serangan bakteri.
  7. Vitamin D. Penuhi kebutuhan vitamin D. Karena vitamin D ini berfungsi untuk menstimulus sel imun untuk menghalau virus dan bakteri. Vitamin D dapat ditemukan pada sinar matahari, telur, hati dan ikan.

0 komentar:

Posting Komentar