5 Tanaman Herbal Untuk Menyembuhkan Asam Urat

          Asam urat adalah salah satu penyakit yang biasanya banyak menyerang otot atau persendian. Untuk menyembuhkannya ada beberapa cara, dan salah satunya adalah dengan menggunakan tanaman obat asam urat. Beberapa tanaman dapat membantu menyembuhkan asam urat secara efektif.
Mengobati asam urat dengan menggunakan tanaman herbal atau obat herbal akan lebih aman dan efektif. Oleh karena itu bagi anda yang memiliki penyakit asam urat, dianjurkan untuk mengobatinya dengan tanaman obat herbal. Berikut ini adalah tanaman-tanaman herbal yang dapat digunakan untuk menyembuhkan penyakit asam urat.

1. Daun Sambiloto Untuk Obat Asam Urat

daun sambiloto untuk asam urat
http://sambiloto.org/

Tanaman herbal yang dapat digunakan untuk mengobati penyakit asam urat diantaranya adalah daun sambiloto. Pastinya anda semua sudah tidak asing lagi mendengar nama daun ini. Daun sambiloto memang dikenal memiliki beberapa manfaat dan dapat menyembuhkan beberapa penyakit. Daun sambiloto merupakan tanaman yang berasal dari negara India. Daun ini memiliki beberapa sebutan dan mungkin setiap daerah memiliki sebutan yang berbeda. Sebutan lain dari daun sambiloto adalah lang, kayu mas, bidara, papaitan, dan lain sebagainya.
Daun ini memiliki beberapa kandungan zat seperti kalsium, kalium, mineral, dan natrium yang mana zat-zat tersebut dapat dijadikan penyembuh untuk penyakit asam urat. Lebih sering mengkonsumsi daun sambiloto akan menambah zat-zat tersebut di dalam tubuh sehingga penyakit asam urat anda dapat berkurang dan bisa jadi sembuh.
Cara membuat ramuan daun sambiloto dapat anda ikuti berikut ini. Yang pertama cucilah 10 gram daun sambiloto kering hingga bersih, dan kemudian rebuslah daun sambiloto bersama 10 gram temulawak kering, 1 gram lada, 5-10 gram komfrey dengan 5 gelas air. Tunggulah hingga airnya menjadi 3 gelas.
Minumlah ramuan daun sambiloto tersebut 1 gelas sehari pada saat 1 jam sebelum makan atau 2 jam setelah makan. Minumlah secara teratur.

2. Tanaman Kumis Kucing

tanaman kumis kucing untuk asam urat
bandung.merdeka.com

Tanaman untuk obat asam urat yang selanjutnya adalah kumis kucing. Tanaman ini memiliki nama ilmiah yaitu Orthosiphon Aristatus. Tanaman ini sangat dikenal sebagai tanaman mujarab untuk mengobati asam urat.
Kumis kucing mengandung garam kalium yang dapat digunakan untuk menghancurkan batu pada saluran kencing bagi penderita kencing batu. Selain itu kumis kucing juga memiliki sifat diuretik yang sangat ampuh untuk mengobati kelebihan asam urat yang ada di tubuh yang dikeluarkan melalui urine sebagai hasil ekskresi.
Cara membuat ramuan dari kumis kucing untuk obat asam urat adalah dengan mencuci bersih 10 gram daun kumis kucing yang basah atau kering, 10 gram sawi tanah yang kering, 10 gram meniran yang kering, 15 gram jahe merah kering, dan 10 gram kapulaga kering.
Lalu rebuslah semua bahan yang telah di sebutkan di atas dengan 1 liter air, tunggulah sampai tersisa setengah. Minumlah ramuan tersebut 3 kali sehari pada pagai, siang, dan sore hari dengan porsi 150 ml setiap sekali minum.

3. Daun Salam

tanaman daun salam asam urat
www.ummi-online.com

Selain daun sambiloto dan kumis kucing, tanaman obat asam urat yang lainnya adalah daun salam. Daun salam memiliki banyak manfaat seperti dijadikan bumbu dapur. Selain itu daun salam mengandung zat tanin yang tinggi yang dapat digunakan untuk menyembuhkan asam urat.

4. Daun Anting-Anting

daun anting anting asam urat
studiokreasiclovers.blogspot.com

Daun anting-anting juga merupakan salah satu tanaman yang dapat menyembuhkan penyakit asam urat. Daun anting-anting dapat dicampurkan dengan tanaman obat lainnya untuk mengobati penyakit asam urat.

5. Tanaman Meniran

daun meniran untuk asam urat
http://www.biodiversitywarriors.org/

Dan yang terakhir, obat herbal asam urat adalah tanaman meniran. Tanaman ini juga dikenal sangat mujarab untuk mengobati asam urat dan juga sebagai penambah daya tahan tubuh. Sering mengkonsumsi tanaman meniran akan mengurangi dan menyembuhkan penyakit asam urat anda. Insyaallah..


http://alwib.net/tanaman-obat-asam-urat/

0 komentar:

Posting Komentar