Penyebab Stroke

Faktor Penyebab Stroke

Menurut sebuah jurnal yang ditulis oleh Sylvia Saraswati (2009) membagi faktor risiko dari penyebab stroke yang dibedakan menjadi 2 bagian, yakni faktor risiko yang dapat dimodifikasi dan faktor yang tidak dapat dimodifikasi.

1. Faktor risiko yang tidak dapat dimodifikasi

a. Usia
Dari berbagai penelitian, diketahui bahwa suai semakin tua semakin besar pula risiko terkena stroke. Hal ini berkaitan dengan proses degenerasi (penuaan) yang terjadi secara alamiah. pada orang-orang lanjut usia, pembuluh darah lebih kaku karena adanya plak.
b. Jenis kelamin
Laki-laki memiliki risiko lebih besar untuk terkena stroke dibanding perempuan. Hal ini mungkin terkait bahwa laki-laki cenderung merokok. Rokok, dapat merusak lapisan dari pembuluh darah tubuh.
c. Herediter
Terkait dengan riwayat stroke di keluarga, orang dengan riwayat stroke pada keluarga memiliki risiko yang lebih besar untuk terkena penyakit stroke dibanding orang yang tanpa riwayat stroke pada keluarganya.
d. Ras atau Etnis
Dari berbagai penelitian, ditemukan bahwa ras kulit putih memiliki peluang yang lebih besar untuk terkena stroke dibanding ras kulit hitam.

2. Faktor risiko yang dapat dimodifikasi

a. Hipertensi
Orang yang tekanan darahnya tinggi mempunyai peluang besar untuk mengalami stroke. Bahkan, ini merupakan penyebab terbesar dari stroke. Alasannya, dalam hipertensi dapat terjadi gangguan aliran darah tubuh yaitu diameter pembuluh darah kelak akan mengecil sehingga darah yang mengalir ke otak pun akan berkurang, dengan pengurangan aliran darah otak (ADO), maka otak akan kekurangan suplai oksigen dan glukosa sehingga jaringan otak lama-lama akan mati.
b. Penyakit jantung
Penyakit jantung seperti jantung koroner dan infark miokard (kematian otot jantung, bisa menjadi faktor terbesar pneyebab stroke). Seperti yang kita ketahui bahwa pusat dari aliran darah di tubuh terletak di jantung. Jika pusat pengaturan darah mengalami kerusakan, maka aliran darah tubuh mengalami gangguan, termasuk aliran darah menuju otak. Gangguan aliran darah itu bisa mematikan jaringan otak secara mendadak ataupun bertahap.
c. Diabetes Mellitus
Diabetes Mellitus atau kencing manis memiliki risiko mengalami stroke. Hal ini terkait dengan pembuluh darah penderita diabetes yang umumnya lebih kaku (tidak lentur). Adanya peningkatan ataupun penurunan kadar glukosa darah secara tiba-tiba juga dapat menyebabkan kematian otak.
d. Hiperkolesterolemia
Hiperkolesterolemia merupakan keadaan ketika kadar kolesterol di dalam darah berlebih. LDL yang berlebih akan mengakibatkan terbentuknya plak pada pembuluh darah yang lama kelamaan akan semakin banyak dan menumpuk sehingga menganggu aliran darah.
e. Obesitas
Kegemukan merupakan salah satu faktor resiko terjadinya stroke. Hal tersebut terkait dengan tingginya kadar lemak dan kolesterol dalam darah pada orang dengan obesitas, yaitu biasanya kadar LDL lebih tinggi dibanding kadar HDL.
f. Merokok
Dari hasil berbagai penelitian diketahui bahwa orang-orang yang merokok ternyata memiliki kadar fibrinogen darah yang lebih tinggi dibanding orang yang tidak merokok. Peningkatan kadar fibrinogen ini dapat mempermudah terjadinya penebalan pembuluh darah sehingga pembuluh darah menjadi sempit dan kaku. Dengan demikian, dapat menyebabkan gangguan aliran darah.
Posted in Penyebab Stroke, Stroke | Tagged , , , , , , | Leave a comment

Sakit Stroke

Sakit Stroke – Otak membutuhkan banyak darah dan juga oksigen agar syaraf syaraf ada di dalam otak bisa di fungsikan dengan baik dan juga secara maksimal. Karena itu apabila syaraf di bagian otak tidak mendapatkan cukup darah maka akan ada sebuah penyakit. Penyakit yang bisa dialami karena di sebabkan oleh terputusnya aliran darah pada otak yaitu sakit stroke. Sakit stroke bisa dialami karena darah yang di butuhkan syaraf otak karena membawa oksigen dan juga nutrisi tidak di dapatkan sehingga sakit stroke bisa dialami. sakit stroke termasuk dalam penyakit yang serius, karena sakit stroke bisa menyebabkan kerusakan pada syaraf atau syaraf yang tidak bisa di gunakan lagi secara maksimal. Penderita stroke lebih banyak dari kalangan orang tua, tentunya hal ini dipengaruhi oleh gaya hidup di saat di usia muda tidak sehat sehingga dampaknya baru dialami ketika usia semakin bertambah tua. Sakit stroke dialami karena darah tidak mengalir dengan baik akibat ada yang menghambatnya.
penyebab stroke
penyebab stroke

Penyebab Sakit Stroke

Sakit stroke dialami karena di sebabkan oleh adanya pemutusan aliran darah pada otak. Kondisi keadaan penderita stroke bisa menghambat gerak organ tubuh oleh karena itu sebaiknya ada beberapa penyebab stroke yang harus dihindari agar tidak menderita sakit stroke. Penyebab stroke diantaranya seperti di bawah ini :
  • Obesitas, salah satu penyebab stroke yaitu karena di sebabkan oleh berat badan. Berat badan berlebih bisa menyebabkan penderitanya akan mengalami masalah pada aliran darahnya. Banyaknya lemak di dalam tubuh bisa dialami pada penderita obesitas, dan obesitas di sebabkan akibat dari makan makanan yang mengandung tinggi lemak, sehingga lemak yang menumpuk di dalam tubuh juga akan menjadi penghambat jalan bagi darah, maka dari itu obesitas bisa terjadi pada seseorang yang tidak bisa menjaga asupan makanannya dengan baik, dan juga jarang melakukan olahraga sehingga berat badan akan meningkat begitu cepat.
  • Rokok, penyebab stroke bisa terjadi akibat dari rokok, merokok merupakan kegiatan yang sia sia dan membuang buang uang saja. Karena rokok hanya akan menyebabkan penyakit karena merusak organ tubuh secara perlahan lahan apabila di gunakan terus menerus. Rokok bisa menjadi penyebab stroke karena kandungan yang dimiliki rokok bisa membuat otak tidak mendapatkan cukup aliran darah. maka dari itu risiko perokok aktif sangat tinggi untuk menderita sakit stroke.
  • Alkohol, tidak hanya rokok yang bisa menjadi penyebab stroke, tetapi alkohol juga bisa menjadi penyebab stroke. Minum minuman yang mengandung alkohol bisa meningkatkan tekanan darah dan akan membuat aliran darah pada otak terhenti sehingga syaraf otak terganggu sehingga sakit stroke akan dialami dalam seketika saja. Maka dari itu minuman alkohol tidak baik bagi kesehatan tubuh.
  • Kadar kolesterol tinggi, penyebab stroke bisa terjadi juga dengan di sebabkan oleh adanya peningkatan kadar kolesterol. Kadar kolesterol yang tinggi dan tidak kunjung sembuh akan menghambat aliran darah, karena kolesterol yang begitu banyak di dalam tubuh akan mengecilkan pembuluh darah, sehingga memiliki kadar kolesterol yang tinggi bisa menyebabkan sakit stroke.
  • Genetik, yang bisa menjadi penyebab stroke juga karena memiliki faktor genetik, keluarga yang menderita sakit stroke juga bisa membuat anggota keluarga lainnya juga akan memiliki menderita sakit stroke juga terlebih apabila tidak menjaga kesehatan tubuhnya dengan baik.
  • Gula darah, bukan hanya karena memiliki kadar kolesterol tinggi saja yang bisa menjadi penyebab stroke. Tetapi penyebab stroke juga bisa disebabkan oleh memiliki gula darah tinggi. tidak mengontrol kadar gula darah di dalam tubuh juga akan menyebabkan penyakit stroke lama kelamaan. Maka dari itu menjaga kadar gula darah tetap stabil juga sangat penting.
Jika seseorang menderita sakit stroke maka bisa menghilangkan beberapa fungsi dari tubuhnya, dan tidak bisa di gerakan lagi dengan baik karena kaku. Stroke ringan atau pun stroke berat bisa terjadi, stroke ringan hanya menyerang bagian tubuh tertentu saja, seperti tangan, kaki atau pun syaraf wajah. dan yang parah apabila sakit stroke yang berat, karena seluruh bagian tubuh bisa kaku atau pun tidak bisa di gunakan lagi oleh sebab itu hati hati pada penyakit stroke. Penderita stroke bisa kesulitan untuk berbicara atau pun untuk menggerakkan organ tubuh sehingga membutuhkan bantuan khusus dari keluarga.
Pengobatan bisa dilakukan agar bisa mengatasi stroke, lakukan pemeriksaan organ tubuh dengan menjalani tes mri dan juga st scan, sehingga mengetahui bagian syaraf yang rusak atau pun bermasalah. Pengobatan stroke khusus dengan spesialis stroke yang akan membantu mengatasi penyakit ini secara mendalam. Ada rehabilitas penderita sakit stroke yang merupakan langkah pengobatan dan perawatan agar menyembuhkan sakit stroke, yang membuat kelumpuhan.
Apabila sakit stroke tidak diobati dengan cepat maka kerusakan syaraf tubuh secara permanen bisa saja dialami sehingga tubuh tidak bisa di gunakan lagi atau pun tidak di gerakan lagi. karena sakit stroke berkaitan dengan syaraf yang ada pada otak. Penyempitan pembuluh darah yang akan semakin parah apabila sakit stroke tidak diobati dan dampaknya akan lebih fatal.

Sakit Stroke

Posted in Penyebab Stroke | Tagged , , , , , | Leave a comment

Makanan Penyebab Stroke

Makanan Penyebab Stroke – Penting sekali untuk mengetahui pada penyebab stroke yang mungkin melanda panda diri kita. Penyakit stroke yang merupakan penyakit karena adanya pembuluh darah di otak yang dapat ditandai dengan reaksi pada bagian jaringan otak yang dapat diakibatkan karena pecahnya pembuluh darah, mengalami penyempitan pada syaraf bahkan mengalami penyumbatan darah yang ada didalam otak. Sekarang ini banyak penderita stroke yang semakin meningkat, dan stroke juga bisa menjadi penyakit yang banyak ditakuti oleh semua orang karena bisa mengalami kelumpuhan di seluruh tubuh bahkan bisa membawa kematian.
Makanan Penyebab Stroke
Makanan Penyebab Stroke
Penderita yang dapat diselamatkan biasanya mereka akan mengalami gangguan pada kelumpuhan disebelah badannya, bahkan mengalami gangguan pada pemikiran nya misal saja mengalami penyakit alzheimer, sering lupa bahkan mengalami kepikunan. Penyakit stroke sendiri dapat dibedakan menjadi dua yaitu pada stroke iskemik dan stroke hemorragik. Untuk stroke iskemik sendiri yang dapat terjadi ketika darah menuju otak maka akan mengalami kesumbatan bahkan biasanya disebabkan karena penumpukan kolesterol pada bagian dinding pembuluh darah anda. sedangkan pada stroke hemorragik bisa terjadi karena adanya pembuluh darah yang pecah sehingga akan menyebabkan aliran darah yang tidak menjadi sangat norma maka bisa saja membuat darah merembes pada bagian otak anda.

Ciri ciri Penyakit Stroke

  • Pusing kepala

Ada salah satu gejala stroke bahkan penderita akan mengalami sakit kepala bahkan pusing kepala. Pusing yang terjadi tidak hanya mengalami pusing biasa  saja, namun akan mudahnya mengalami pusing kepala seperti vertigo. Orang yang lebih sering mengalami vertigo ada kaitannya dengan penyakit stroke, karena vertigo bukan penyakit yang dapat terkena pada penyakit lainnya.
  • Mengalami kelumpuhan

Pada tahap gejala yang ringan pada penderita stroke biasanya mereka akan mengalami kelumpuhan ada kaki dan tangannya. Namun jika anda masih tergolong dalam gejala yang ringan, maka stroke bisa saja terjadi dalam beberapa hari saja. Namun beda lagi jika anda sudah mengalami stroke yang sudah parah maka akan mudahnya mengalami kelumpuhan dalam seumur hidupnya.
  • Lemah

Orang yang mengalami stroke biasanya mereka akan mengalami tubuh yang lemas. Sehingga penderita akan mengalami kesulitan dalam menggerakkan tubuhnya, bahkan tidak mampu dalam menopang tubuhnya sendiri.
  • Hilang keseimbangan

Orang yang sedang mengalami penyakit stroke biasanya mereka akan mengalami hilangnya pada tingkat keseimbangannya. Pada saat berjalan mereka akan mengalami kesulitan untuk menegakkan badannya bahkan mereka memerlukan bantuan orang lain.

Makanan Penyebab Stroke

Ada banyak hal yang dapat anda ketahui jenis makanan penyebab stroke yang banyak sekarang orang tidak mengetahuinya, misalnya ;
  • Daging merah

Jika anda terlalu sering mengkonsumsi makanan pada daging merah dalam porsi makan yang banyak akan akan lebih berisik bahwa daging merah merupakan makanan penyebab stroke. Para peneliti menjelaskan bahwa yang lebih berisiko mengalami penyakit stroke yaitu pada wanita. Kandungan yang ada didalam lemak jenuh biasanya akan meningkatkan pada resiko stroke dan penyakit jantung. Akan mengalami penyumbatan arteri yang lewat dan mengalami penumpukan plak protein secara bertahap.
  • Mengkonsumsi soda

Memang minum soda akan mampu menurunkan berat badan anda, namun yang perlu anda tahu bahkan minuman soda dan makanan yang mengandung kafein termasuk dalam jenis makanan penyebab stroke. Jika anda gemar mengkonsumsi soda maka akan mengalami 60% lebih tinggi terjadinya serangan stroke, mengalami penyakit arteri koroner dibanding dengan mereka yang tidak mengkonsumsi soda.
  • Daging olahan dan rokok

Daging olahan dan rokok merupakan jenis makanan penyebab stroke. Daging olahan yang karena memiliki kandungan natrium yang tinggi bahkan mereka mengandung bahan pengawet. Natrium nitrat yang secara langsung maka dengan mudahnya merusak pada pembuluh darah, dan arteri akan mengalami penyempitan.
  • Makanan mengandung gula tinggi

Makanan yang mengandung kadar gula tinggi, merupakan dari jenis makanan penyebab stroke. Bahkan jika kita terlalu sering mengkonsumsi gula maka akan akan mengalami obesitas, yang dimana jika mengalami kegemukan maka terjadilah penyumbatan pembuluh darah sebagai penyebab utama dari serang stroke.
  • Penggunaan garam

Sebaiknya anda batasi penggunaan garam yang dimasukkan dalam masakan anda. maka akan mudahnya membuat tubuh kita menahan banyak air. Karena adanya penumpukan darah. Garam termasuk jenis makanan penyebab stroke, karena adanya tekanan darah tinggi yang akan lebih berisiko mengalami serangan stroke.
  • Makanan kaleng

Dari sejumlah jenis makanan kaleng yang ada didalamnya yang banyak mengandung kadar sodium dan garam natrium tinggi karena jenis ini yang merupakan makanan penyebab stroke. Garam atau sodium karena akan mempengaruhi bagi penyebab stroke.
  • Gorengan

Makanan yang di panggang banyak mengandung lemak trans, karena dengan menggunakan minyak terhidrogen yang terdapat didalamnya. Jenis makanan penyebab stroke yang memiliki sifat yang sangat berbahaya karena mengalami penyumbatan pada saluran darah, dan dapat meningkatkan pada konsentrasi lemak, maka pada kolesterol jahat yang ada didalam darah akan semakin menurun.

Makanan Penyebab Stroke

Posted in Penyebab Stroke | Tagged , , , , , , , | Leave a comment

Penyakit Stroke

Penyakit Stroke – Penyakit yang bahaya tidak hanya penyakit yang di sebabkan oleh ada nya infeksi dari virus atau dari bakteri saja, tetapi penyakit yang merusak bagian syaraf dan juga sel sel otak berbahaya juga. karena sangat penting sekali fungsi dan peran dari sel sel di dalam tubuh serta bagian syaraf nya. penyakit yang menyerang bagian syaraf serta sel sel otak di kenal juga dengan penyakit stroke. Penyakit stroke akan menyerang bagian otak yang di dalam nya memiliki banyak syaraf dan sel seluruh tubuh. Maka dari itu jika syaraf dan juga sel yang ada di dalam tubuh rusak atau bahkan mati akan menyebabkan bagian tubuh akan mengalami masalah seperti kelumpuhan atau tidak bisa di gerakan dengan baik. terjadi nya penyakit stroke di sebabkan permasalahan yang dialami pada aliran darah, maka dari itu akan menyebabkan otak tidak mendapatkan kebutuhan nutrisi yang cukup maka dari itu penyakit stroke dapat merusak syaraf dan juga sel yang ada di dalam tubuh.

penyebab stroke

penyebab stroke
Ada tanda tanda atau gejala dari penyakit stroke yang bisa terjadi karena di sebabkan oleh penyakit stroke, sehingga orang penderita penyakit stroke dapat di bedakan dengan mudah. Terjadi nya penyakit stroke bisa menyebabkan bagian tubuh lumpuh parah atau pun ringan, tergantung mengalami penyakit stroke ringan atau pun stroke berat. Semakin banyak nya sel dan syaraf yang rusak maka semakin berat lumpuh yang dialami. Seseorang yang stroke akan mengalami masalah pada saat berbicara, seperti tidak dapat berbicara dengan jelas dan dengan baik. tidak hanya pada saat berbicara saja, tetapi pada saat berjalan pun juga bisa mengalami nya juga. karena gejala stroke bisa mengakibatkan keseimbangan pada saat berjalan terganggu, maka dari itu penderita penyakit stroke lebih mudah untuk sering terjatuh. Penderita penyakit stroke yang parah bisa tidak menggerakkan bagian tubuh nya, seperti tidak bisa berjalan, atau menggerakkan lengan dan tangan nya. gangguan penglihatan secara tiba tiba juga bisa dialami karena di sebabkan oleh penyakit stroke juga.

Penyebab Penyakit Stroke

Jika penyakit stroke semakin parah hal itu sebabkan oleh semakin banyak nya kerusakan pada sel dan juga syaraf. Maka dari itu hal itu penderita stroke berat hanya bisa berbaring di tempat tidur, karena seluruh tubuh nya sudah tidak dapat di gerakan dengan baik. maka dari itu ada nya penyakit stroke akan menyebabkan organ di dalam tubuh akan mengalami kerusakan parah akibat syaraf yang terserang oleh penyakit stroke. Oleh sebab itu jika mengalami penyakit stroke ringan sebaik nya diobati dengan menggunakan obat herbal stroke untuk mengembalikan fungsi tubuh akibat rusak nya syaraf di dalam tubuh. Dan agar penyakit stroke tidak semakin parah ada hal hal yang harus di hindari, yaitu penyebab stroke. Maka dari itu ada penyebab stroke di bawah ini yang harus di hindari :
  • Makanan berlemak dan manis
Penyebab stroke yang harus di hindari salah satu nya yaitu makanan yang memiliki tinggi lemak jenuh dan juga makanan manis. Karena lemak dan manis pada makanan bisa membentuk lemak di dalam tubuh yang akan menyebabkan bagian tubuh akan mengalami hambatan untuk mengalir akibat dari penyempitan pembuluh darah dari makanan manis. Oleh sebab itu lemak dan manis sebaik nya di kurangi karena penyebab stroke, dan gunakan pemanis buatan untuk pengganti gula.
  • Merokok dan minum alkohol
Selain dari lemak dan makanan manis, penyebab stroke juga bisa dialami karena di sebabkan oleh rokok dan minuman yang mengandung alkohol rokok dan juga kandungan alkohol yang sering masuk ke dalam tubuh akan menyebabkan tekanan darah tinggi yang akan menyebabkan penyakit jantung juga. oleh karena itu jauhi minuman yang mengandung alkohol, dan segera berhenti menggunakan rokok.
  • Kurang gerak
Penyebab stroke juga bisa dialami karena dampak dari jarang melakukan gerak tubuh seperti olahraga. Kurang gerak akan menimbulkan penyempitan pada pembuluh darah karena jumlah dari lemak di dalam tubuh semakin banyak. Oleh karena itu jika tidak ingin mengalami penyakit stroke yang semakin parah bisa menjauhi penyebab stroke seperti kurang gerak. Olahraga secara perlahan lahan tidak masalah jika di lakukan secara teratur.
  • Kegemukan
Agar penyakit stroke tidak dialami maka sebaik nya penyebab stroke yang harus di jauhi yaitu dengan menjaga berat badan. Menjaga berat badan bisa membantu mencegah terjadi nya stroke, karena gemuk sangat berkaitan dengan penyakit stroke. Penyakit stroke akan dialami jika mengalami kegemukan, karena banyak nya lemak bisa menyebabkan tubuh menjadi gemuk dan akan menghambat darah untuk mengalir dengan baik. oleh karena itu sebaik nya menjaga asupan makanan sehat atau juga bisa dengan melakukan diet sehat.
  • Tekanan darah tinggi
Karena tekanan darah tinggi bisa menjadi penyebab stroke, oleh karena itu jika tidak menjaga tekanan darah tetap normal dengan menjaga pola hidup yang sehat dan makanan yang sehat akan mengalami penyakit stroke. Maka dari itu jaga  tekanan darah dengan olahraga, tidak stress, dan asupan makanan tidak mengandung banyak lemak dan garam.

Penyakit Stroke

Posted in Penyebab Stroke | Leave a comment

Faktor Utama Penyebab Stroke

Faktor utama penyebab stroke – faktor utama penyebab stroke adalah beberapa penyebab yang bisa mendatangkan penyakit stroke ini muncul. Penyakit stroke adalah jenis penyakit yang menyerang pada bagian saraf saraf tubuh, yang berakibatkan kelumpuhan, apabila tidak diatasi atau ditangani dengan cepat. Gejala stroke ini, juga bisa mengalami cegukan. Kemudian, ada juga cara mencegah dari penyakit stroke ini, dan cara mencegahnya dengan mudah adalah dengan cara melakukan olahraga yang teratur.


stroke

Obat untuk penyakit stroke ini, yang terbuat dari bahan bahan alami, salah satunya adalah dengan menggunakan daun sirsak. Penyakit stroke ini, dialami oleh siapa saja baik pria ataupun wanita. Tetapi penyakit ini, kebanyakan terjadi pada usia senja. Usia senja inilah yang mudah terserang berbagai macam atau jenis penyakit. Dan salah satunya adalah penyakit stroke. Lalu ada juga faktor utama penyebab stroke ini.

Faktor utama penyebab stroke 

Selain dengan pernyataan yang tertera diatas, ada beberapa faktor utama penyebab stroke ini. Dan berikut beberapa faktor utamnya adalah :
  • Adanya faktor umur
Faktor utama penyebab stroke adalah adanya faktor umur. Biasanya orang, yang memiliki usia yang sudah tua atau lanjut, bisa mudah terserang berbagai macam penyakit. Dan salah satu penyakitnya adalah bisa penyakit stroke. Jenis penyebab inilah yang bisa menyebabkan penyakit stroke ini terjadi. Oleh karena itu, Anda harus bisa menjaga kondisi kesehatan tubuh atau badan dengan baik dan benar, agar tidak mudah mengalami penyakit stroke. Yang umumnya, penyakit stroke ini, bisa menyebabkan kelumpuhan pada tubuh, yang sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh, apabila tidak diatasi atau ditangani dengan tindakan atau penanganan telat untuk dilakukan.
  • Adanya faktor genetik
Faktor utama penyebab stroke adalag faktor genetik. Faktor genetik adalah faktor keturunan yang disebabkan oleh salah satu anggota keluarga. Umumnya, bagi yang menderita penyakit stroke ini, jika dari faktor genit, sangat sulit untuk disembuhkan. Jenis penyebab inilah yang bisa menyebabkan penyakit stroke ini terjadi. Oleh karena itu, Anda harus bisa menjaga kondisi kesehatan tubuh atau badan dengan baik dan benar, agar tidak mudah mengalami penyakit stroke. Yang umumnya, penyakit stroke ini, bisa berbahaya, yang mendatangkan kelumpuhan pada tubuh, apabila tidak diatasi atau ditangani dengan segera.
  • Adanya riwayat penyakit serangan jantung
Faktor utama penyebab stroke adalah adanya riwayat penyakit serangan jantung. Jika Anda memiliki penyakit ini, alangkah baiknya, tidak boleh untuk dikagetkan, karena bisa memicu terjadinya kematian. Jenis penyebab inilah, yang bisa menyebabkan penyakit stroke ini datang dan muncul. Oleh karena itu, Anda harus bisa menjaga kondisi kesehatan tubuh atau badan dengan baik dan benar, agar tidak mudah mengalami penyakit stroke. Yang umumnya, penyakit stroke ini, bisa berbahaya dan bisa menyebabkan kelumpuhan, apabila tidak diatasi atau ditangani dengan tindakan atau penanganan yang tepat dan cepat.
  • Adanya riwayat penyakit darah tinggi
Faktor utama penyebab stroke adalah adanya riwayat penyakit darah tinggi. Penyakit darah tinggi atau hipertensi ini, biasanya disebakan oleh makanan daging. Jenis penyebab inilah yang bisa menyebabkan penyakit stroke ini datang dan muncul. Oleh karena itu, Anda harus bisa menjaga kondisi kesehatan tubuh atau badan dengan baik dan benar, agar tidak mudah mengalami penyakit stroke ini. Yang umumnya, penyakit stroke ini, bisa berbahaya dan bisa menyebabkan kelumpuhan mendadak pada tubuh, apabila tidak diatasi atau ditangani dengan ditandakan atau penanganan yang tepat dan cepat.
  • Adanya riwayat penyakit kencing manis
Faktor utama penyebab stroke adalah adanya riwayat penyakit kencing manis. Penyakit kencing manis atau diabetes ini, bisa disebabkan oleh makanan atau minuman yang mengandung kadar gula yang tinggi. Jenis penyebab inilah yang bisa menyebabkan penyakit stroke ini datang dan muncul. Oleh karena itu, Anda harus bisa menjaga kondisi kesehatan tubuh atau badan dengan baik dan benar, agar tidak mudah mengalami penyakit stroke. Yang umumnya, penyakit stroke ini, bisa berbahaya dan bisa menyebabkan kelumpuhan pada tubuh, apabila tidak diatasi atau ditangani dengan tindakan atau penanganan yang telat.
  • Adanya faktor riwayat kelebihan berat badan
Faktor utama penyebab stroke adalah adanya faktor riwayat kelebihan berat badan. Lebihnya berat badan yang melebihi kapasitas, bisa disebabkan oleh makanan yang mengandung lemak jahat yang tinggi. Kelebihan berat badan ini, dapat dikatakan dengan obesitas atau kegemukan. Jenis penyebab inilah yang bisa menyebabkan penyakit stroke ini datang dan muncul. Oleh sebab itu, Anda harus bisa menjaga kondisi kesehatan tubuh atau badan dengan baik dan benar, agar tidak mudah mengalami penyakit stroke. Yang umumnya penyakit stroke ini, bisa menyebabkan lumpuh pada tubuh, yang bisa berbahaya, apabila tidak diatasi atau ditangani dengan tindakan atau penanganan yang telat.
  • Bisa disebabkan oleh perokok aktif
Faktor utama penyebab stroke adalah bisa disebabkan oleh perokok aktif. Dengan merokok yang terlalu sering ini, bisa menyebabkan penyakit lain, diantaranya adalah penyakit asma, penyakit kanker paru paru, penyakit hipertensi, dan juga bisa menyebabkan gangguan pada kehamilan. Jenis penyebab inilah yang bisa menyebabkan penyakit stroke ini datang dan muncul. Oleh karena itu, Anda harus bisa menjaga kondisi kesehatan tubuh atau badan, supaya tidak mudah mengalami penyakit stroke. Yang umumnya, penyakit stroke ini, bisa berbahaya dan bisa menyebabkan kelumpuhan, apabila tidak diatasi atau ditangani dengan tindakan atau penanganan yang tepat.

Faktor Utama Penyebab Stroke

Posted in Penyebab Stroke | Tagged , , , , | Leave a comment

Faktor Penyebab Stroke Ringan

Faktor penyebab stroke ringan – faktor penyebab stroke ringan adalah beberapa penyebab yang bisa menyebabkan penyakit stroke ini terjadi. Stroke adalah penyakit yang menyerang pada seluruh anggota tubuh tidak bisa bergerak atau mengalami kelumpuhan. Stroke ini bisa terjadi pada siapa saja, baik wanita ataupun pria, baik muda ataupun tua. Tetapi lebih sering mengalaminya adalah pada usia lanjut.
gejala-stroke
penyakit stroke
Selain faktor penyebab stroke ringan ini, ada juga gejala stroke adalah akan mengalami kebingungan. Cara mencegah stroke ini bisa dilakukan dengan cara berolahraga yang rutin dan teratur. Dan obat stroke ini, juga bisa menggunakan bahan yang tradisional, salah satunya dengan menggunakan wortel.

Faktor penyebab stroke ringan 

Selain dengan pernyataan yang tertera diatas, ada beberapa faktor penyebab stroke ringan ini. Dan berikut faktor penyebabnya adalah :
  • Bisa disebabkan oleh faktor umur
Faktor penyebab stroke ringan adalah bisa disebabkan oleh faktor umur. Biasanya umur yang sudah lanjut atau tua, rentan terhadap berbagai macam penyakit, salah satunya adalah stroke. Jenis penyebab inilah yang bisa memicu terjadinya penyakit ini datang dan muncul. Oleh sebab itu, Anda harus bisa menjaga kondisi kesehatan tubuh atau badan dengan baik dan benar, agar tidak mudah mengalami penyakit ini. Yang dasarnya, penyakit ini, bisa menimbulkan bahaya, jika tidak segera diatasi atau ditangani dengan tindakan atau penanganan yang tepat dan cepat.
  • Bisa disebabkan oleh penyakit hipertensi
Faktor penyebab stroke ringan adalah bisa disebabkan oleh penyakit hipertenis. Penyakit hipertensi ini bisa disebut dengan penyakit darah tinggi atau tekanan darah tinggi. Jenis penyebab inilah yang bisa memicu terjadinya stroke ini datang dan muncul. Oleh sebab itu, Anda harus bisa menjaga kondisi kesehatan tubuh atau badan dengan baik dan benar, agar tidak mudah mengalami penyakit ini. Yang dasarnya penyakit ini, bisa sangat berbahaya jika tidak segera diatasi atau ditangani dengan tindakan atau penanganan yang tepat dan cepat.
  • Bisa disebabkan oleh penyakit obesitas
Faktor penyebab stroke ringan adalah bisa disebabkan oleh penyakit obesitas. Penyakit obesitas ini, bisa disebut dengan kegemukan yang artinya pada berat badan akan melebihi kapasitas pada umumnya. Jenis penyebab inilah yang bisa memicu terjadinya stroke ini datang dan muncul. Oleh sebab itu, Anda harus bisa menjaga kondisi kesehatan tubuh atau badan dengan baik dan benar, agar tidak mudah mengalami penyakit ini. Yang dasarnya, penyakit ini, bisa sangat berbahaya jika tidak segera diatasi atau ditangani dengan tindakan atasi penanganan yang tepat dan cepat.
  • Bisa disebabkan oleh penyakit diabetes melitus
Faktor penyebab stroke ringan adalah bisa disebabkan oleh penyakit diabetes melitus. Penyakit ini bisa disebut dengan kencing manis. Jenis penyebab inilah yang bisa memicu terjadinya stroke ini datang dan muncul. Oleh sebab itu, Anda harus bisa menjaga kondisi kesehatan tubuh atau badan dengan baik dan benar, agar penyakit ini, tidak mudah terjadi pada diri Anda. Yang dasarnya, penyakit ini bisa sangat berbahaya jika tidak segera diatasi atau ditangani dengan tindakan atau penanganan yang tepat dan cepat.
  • Bisa disebabkan oleh penyakit jantung
Faktor penyebab stroke ringan adalah bisa disebabkan oleh penyakit jantung. Jenis penyebab inilah yang bisa memicu terjadinya stroke ini datang dan muncul. Oleh sebab itu, Anda harus bisa menjaga kondisi kesehatan tubuh atau badan dengan baik dan benar, agar tidak mudah mengalami stroke ini. Yang dasarnya, penyakit ini bisa sangat berbahaya jika tidak segera diatasi atau ditangani dengan tindakan atau penanganan yang tepat dan cepat.
  • Bisa disebabkan oleh merokok
Faktor penyebab stroke ringan adalah bisa disebabkan oleh merokok yang sering dilakukan. merokok ini, juga bisa menyebabkan berbagai macam penyakit. Diantaranya adalah bisa menyebabkan penyakit asma, penyakit hipertensi, penyakit serangan jantung, penyakit kanker paru paru, dan juga bisa menyebabkan ganggunan pada kehamilan. Jenis penyebab inilah yang bisa memicu terjadinya stroke ini datang dan muncul. Oleh sebab itu, Anda harus bisa menjaga kondisi kesehatan tubuh atau badan dengan baik dan benar, agar penyakit ini tidak mudah terjadi pada diri Anda. Yang dasarnya, penyakit ini bisa sangat berbahaya jika tidak segera diatasi atau ditangani dengan tindakan atau penanganan yang tepat dan cepat.
  • Bisa disebabkan oleh penyakit sel sabit
Faktor penyebab stroke ringan adalah bisa disebabkan oleh penyakit sel sabit. Jenis penyebab inilah yang bisa memicu terjadinya stroke ini datang dan muncul. Oleh sebab itu, Anda harus bisa menjaga kondisi kesehatan tubuh atau badan dengan baik dan benar, agar tidak mudah menglami penyakit ini. Yang dasarnya, penyakit ini bisa sangat berbahaya, jika tidak segera diatasi atau ditangani dengan tindakan atau penanganan yang tepat dan cepat.
  • Bisa disebabkan oleh faktor genetik
Faktor penyebab stroke ringan adalah bisa disebabkan oleh faktor genetik. Faktor genetik adalah faktor yang bersifat turun menurun dari salah satu anggota kelurga. Jenis penyebab inilah yang bisa memicu terjadinya stroke ini datang dan muncul. Oleh sebab itu, Anda harus bisa menjaga kondisi kesehatan tubuh atau badan dengan baik dan benar, agar penyakit ini tidak mudah terjadi pada diri Anda. Yang dasarnya, penyakit ini bisa sangat berbahaya jika tidak segera diatasi atau ditangani dengan tindakan atau penanganan yang tepat dan cepat.

Faktor Penyebab Stroke Ringan

Posted in Penyebab Stroke | Tagged , , , , | Leave a comment

Penyebab Stroke Terjadi

Penyebab Stroke Terjadi – Stroke merupakan suatu penyakit yang berbahaya. Karena stroke merupakan keadaan sebagain otak mengalami kerusakan. Kerusakan otak dapat membuat sistem saraf yang di gunakan untuk membuat organ tubuh bergerak mengalami kerusakan. Sehingga penderita stroke akan mengalami kelumpuhan pada sebagian organ tubuh nya. penyebab stroke terjadi karena ada pembuluh darah pada otak mengalami sumbatan, sehingga pembuluh darah pada otak pecah. jika pembuluh darah otak pecah, maka oksigen akan berhenti untuk di berikan pada otak, sehingga akan menurunkan fugsi nya bahkan yang lebih fatal nya akan mengalami kerusakan atau mati.
stroke

Jenis stroke

  • Stroke iskemik
Stroke iskemik merupakan penyakit stroke yang paling sering terjadi. Karena stroke iskemik merupakan keadaan aliran darah mengalami sumbatan atau hambatan oleh lemak yang tertimbun pada lapisan pembuluh darah.
  • Stroke hemmorhagic
Jika stroke jenis hemmorhagic merupakan stroke yang di sebabkan karena pembuluh darah pada otak pecah. sehingga darah yang mengalir akan mengalami penumpukan dan menjadi penekanan untuk jaringan otak di sekitar nya.

Gejala stroke terjadi

  • Mati atau merasakan otak bebal secara tiba tiba pada wajah, tangan kaki, atau organ tubuh yang lain
  • Ketika stroke penderita nya juga akan mengalami kesulitan berbicara atau akan merasakan binggung secara tiba tiba
  • Kehilangan penglihatan, seperti penglihatan kabur saat melihat sesuatu pada sebagian mata atau kedua nya
  • Kehilangan keseimbangan ketika berjalan atau bahkan akan kesulitan untuk berjalan
  • Pusing kepala juga akan di rasakan untuk gejala stroke terjadi
  • Rasa mual dan muntah sering terjadi
  • Kehilangan kesadaran secara tiba tiba
  • Merasakan kebinggungan
  • Kesulitan dalam mengucap sesuatu, atau berbicara menjadi tidak jelas

Peyebab stroke terjadi

  • Tekanan darah tinggi
Tekanan darah tinggi atau penyakit hipertensi bisa menjadi penyebab stroke terjadi. Tekanan darah yang tinggi bisa di sebabkan makanan yang mengandung banyak garam, minuman beralkohol, dan juga merokok.
  • Kolestrol tinggi
Sama hal nya dengan tekanan darah tinggi, kolestrol yang tinggi juga sangat berbahya karena dapat menajdi penyebab stroke terjadi. Karena ketika kolestrol tinggi akan mebuat lemak menjadi menumpuk pada pembuluh darah, sehingga dapat menyumbat aliran darah sehingga menjadi penyebab stroke terjadi.
Penyakit jantung dapat dialami karena faktor keturunan atau ada nya faktor lain. Penyakit jantung seperti, jantung koroner, cacat katup jantung, bilik jantung membesar, denyut jantung tidak teratur, dapat menjadi penyebab stroke terjadi. Karena penyakit jantung dapat membuat gumpalan darah yang akan menyumbatan pembuluh darah yang berada pada otak.
  • Penyakit diabetes
Penyakit daiabetes dapat di sebabkan karena suka mengkonsumsi makanan yang kadar gula yang tinggi, sehingga gula darah pada tubuh juga akan mengalami peningkatan. Diabetes juga bisa di sebabkan karena faktor keturunan. Penyakit diabetes biasa nya juga akan terjadi secara bersamaan dengan tekanan darah tinggi dan juga kolestrol tinggi. sehingga ketika semua nya terjadi maka akan menjadi penyebab stroke terjadi atau semakin memperparah penyakit stroke.
  • Kegemukan
Kegemukan atau berat badan yang berlebih akan menjadi obesitas, penyakit jantung, penyakit diabetes, dan juga penyebab stroke terjadi.
  • penyakit sel sabit
penyakit sel sabit merupakan penyakit yang merupakan ada nya kelainan pada darah yang berhubungan dengan stroke iskemik. Penyebab stroke terjadi karena sel sabit terjebak dalam pembuluh darah.

Cara mencegah stroke terjadi

Penyakit stroke terjadi ada beberapa sebabnya, dan juga ada beberapa hal yang dapat anda hindari agar terhindar dari penyakit stroke yang dapat menyebabkan anda mengalami kelumpuhan.
  • Kurangi rokok
Rokok dapat menjadi penyebab stroke terjadi. Sudah sangat jelas himbaun yang telah di beritahukan pada kemasan rokok. Karena rokok terbuat dari bahan bahan yang dapat membuat tubuh mengalami berbagai penyakit. oleh sebab itu jika tidak ingin penyebab stroke terjadi maka hindari rokok. Untuk tahap awal sebaik nya kurangi rokok agar terbiasa, sehingga lama kelamaan akan benar benar lepas dari rokok. Karena asap rokok juga berbahaya sebaik nya anda juga menhindari nya juga.
  • Minuman beralkohol
Minuman beralkohol juga merupakan penyebab stroke terjadi. Selain itu juga stroke dapat menghilangkan kontrol pikiran anda, sehingga ketika anda sudah mabuk, maka anda akan lupa apa yang telah anda lakukan. Oleh karena itu akan lebih baik jika  anda tidak lagi mengkonsumsi minuman yang mengandung alkohol.
  • Menjaga berat badan
Karena berat badan yang berlebih dapat menjadi penyebab stroke terjadi. Sehingga anda harus lebih hati hati untuk mengkonsumsi makanan. Terutama pada makanan yang mengadung banyak minyak dan juga tinggi lemak. Terlebih makan pada waktu malam, sebaik nya segera anda hindari, karena makan malam akan membuat berat badan cepat naik.
  • Olahraga
Penyebab stroke terjadi karena pembulu darah mengalami sumbatan. Sehingga untuk mencegah nya anda bisa dengan melakukan olahraga yang teratur, karena pada saat olahraga maka tubuh akan bergerak dan mengeluarkan keringat. sehingga peredaran darah anda akan lancar tanpa hambatan. Anda bisa berolahraga di rumah sambil melakukan berbagai aktifitas. Atau anda juga bisa memutar musik lalu melakukan beberapa gerakan tubuh sehingga akan membantu untuk membakar lemak, dan juga peredaran darah anda juga akan lancar.
Posted in Penyebab Stroke | Tagged , , , , | Leave a comment

Penyebab Stroke Ringan dan Cara Mengatasinya

Penyebab Stroke Ringan dan Cara MengatasinyaPenyakit stroke merupakan salah satu gangguan kesehatan yang ditandai dengan kondisi terjadinya penyerangan dibagian otak yang secara mendadak akbat dari penyumbatan atau juga terjadinya pembuluh darah otak yang pecah. Arti lainnya adalah penyakit stroke merupakan salah satu jenis penyakit pembuluh darah otak atau serbrovaskular yang ditandai dengan gejala seperti kematian pada jaringan otak atau mengalami infark serebal. Dan penyebab stroke adalah karena terjadinya penyumbatan, penyempitan, serta pecahnya pembuluh darah yang menuju ke otak sehinga asupan darah dan juga oksigen menuju ke otak semakin menurun dan bisa menyebabkan serangkaian darii terjadinya reaksi biokimia yang bisa membuat sel-sel saraf otak menjadi mati.
Penyebab Stroke Ringan dan Cara Mengatasinya
Penyebab Stroke Ringan dan Cara Mengatasinya
Jumlah dari penderita penyakit stroke di Indonesia yang lama kelamaan semakin meningkat dalam hitungan setiap tahunnya.

Penyebab Stroke Ringan dan Cara Mengatasinya

Penyebab Stroke ringan dan cara mengatasinya adalah :

  1. Akibat faktor resiko medis
    Penyebab stroke ringan dan cara mengatasinya yang diakibatkan oleh faktor resiko medis adalah yang bisa mengakibatkan keparahan stroke antara lain adalah penyakit tekanan darah tinggi atau hipertensi, kolesterol tinggi atau arteriosklerosis atau pengerasan pada pembuluh darah, gangguan pada jantung, penyakit diabetes, riwayat penyakit stroke dalam keluarga misalnya adalah faktor genetik dan juga sakit kepala sebelah atau migrain. Menurut data statistik yang didapatkan bahwa 80% pemicu dari penyakit stroke adalah penyakit hipertensi serta arteriosklerosis.
  2. Faktor resiko pola hidup
    Penyebab stroke ringan dan cara mengatasinya akibat pola hidup yang kurang baik adalah salah satunya karena pola makan yang kurang sehat, misalnya adalah kebiasaan merokok, mengonsumsi minuman yang mengandung soda dan juga alkohol didalamnya serta mengonsumsi jenis makanan junk food atau makanan cepat saji. Faktor resiko dari penyebab stroke ringan dan cara mengatasinya yang lain adalah karena suasana hati atau mood yang kurang nyaman, misalnya adalah akibat sering marah tanpa adanya alasan yang jelas.
Gejala dari penyakit stroke ringan adalah misalnya seperti wajah, lengan, kaki, tungkai yang mengalami kelemahan. Dan selain itu, munculnya rasa kehhilangan sensasi pada salah satu sisi tubuh. Biasanya seseorang yang tidak bisa menggunakan indera kulit mereka dengan baik. dan selain itu, saat sedang minum sering tersedak, harus dipastikan jika seseorang yang mengalami gejala-gejala tersebut mereka yang mengalami penyakit stroke. Dan intinya adalah, kita harus menyadari dan memahami mengenai pentingnya pengetahuan untuk membantu menyembuhkan gejala dari penyakit stroke. Selain itu, disaat Anda tiba-tiba merasakan sulit atau susah berbicara, maka Anda harus waspada mengenai gejala tersebut. Biasanya disaat seseorang sudah mulai berbicara dengan kata yang tidak jelas atau pelo, maka hal ini adalah salah satu indikator dari si pembicara beresiko mengalami penyakit stroke ringan.

Faktor resiko penyakit yang bisa mendasari dari terjadinya penyakit stroke adalah :

  1. Riwayat penyakit jantnug
  2. Ada anggota keluarga yang mengalami penyakit stroke sebelumnya
  3. Tekanan darah yang bersifat tidak normal
  4. Mengalami kolesterol tinggi
  5. Penyakit diabetes
  6. Mengalami obesitas
  7. Kebiasaan buruk merokok

Penyebab stroke ringan dan cara mengatasinya adalah :

  1. Mengindari dan juga mulai menghentikan kebiasaan merokok
    Kebiasaan ini adalah salah satu penyebab dari terjadinya penyakit aterosklerosis atau pengerasan dinding pembuluh darah serta bisa membuat darah menjadi menggumpal.
  2. Melakukan pemeriksaan tensi darah dengan teratur dan rutin
    Tekanan darah tinggi atau penyakit hipertensi akan membuat pembuluh darah mengalami tekanan berlebihan. Meskipun tidak ditandai dengan adanya gejala, namun melakukan pemeriksaan darah dengan teratur bisa dilakukan.
  3. Mengendalikan penyakit jantung
    Jika Anda mempunyai masalah dengan gejala atau juga gangguan pada jantung misalnya adalah seperti detak yang terjadi dengan tidak teratur, atau juga kolesterol tinggi, maka sebaiknya waspadalah karena hal ini bisa meningkatkan resiko dari terjadinya penyakit stroke. Dan sebaiknya mintalah saran dengan dokter Anda untuk bisa mendapatkan langkah pengobatan yang terbaik.
  4. Mengatasi stress dan mengendalikan depresi
    Penyebab stroke ringan dan cara mengatasinya adalah dnegan mengendalikan stress atau juga depresi yang akan membuat seseorang menjadi mudah mengalami penyakit stroke. Jika hal ini tidak diatasi dengan baik, maka akan menimbulkan masalah dalam jangka waktu yang panjang.
  5. Mengonsumsi makanan yang sehat
    Cara mengatasi dan mencegah penyakit stroke ringan adalah dengan mengonsumsi jenis makanan yang sehat. pastinya Anda sudah mendengarnya sebanyak ribuan kali, tetapi sangat penting jika Anda makan dengan porsi paling tidak 5 porsi buah dan juga sayuran dalam setiap harinya. Sebaiknya hindarilah mengonsumsi makan daging merah dengan jumlah yang berlebihan karena lemak jenuh yang ada didalamnya akan membuat pembuluh darah mengalami pengerasan. Dan konsumsilah makanan yang mengandung serat yang bisa membantu mengendalikan lemak yang ada didalam darah.
  6. Mengurangi asupan makanan garam
    Karena garam adalah salah satu hal yang bisa menyebabkan tekanan darah mengalami peningkatan.
  7. Mengendalikan berat badan
    mempunyai masalah obesitas atau berat badan berlebihan adalah salah satu resiko dari terjadinya tekanan darah tinggi, penyakit jantung, dan juga mengalami diabetes, serta bisa memicu terjadinya penyakit stroke.

Penyebab Stroke Ringan dan Cara Mengatasinya

Posted in Penyebab Stroke | Tagged , , , , , | Leave a comment

Penyebab Stroke Hemoragik

Penyebab Stroke Hemoragik – Stroke adalah penyakit yang sebagian besar di sebabkan adanya sumbatan di dalam arteri yang menuju ke otak  atau lebih di kenal dengan stroke iskemik. Sedangkan ada sekitar 15 persen stroke yang di akibatkan karena pendarahan dalam atau di sekitar otak manusia, dan stroke tersebut di sebut dengan stroke hemogamik.

Stoke Hemogemik

Apa yang di maksud dengan stroke hemogamik dan ada penyebab stroke hemogamik tersebut? yang di maksud dengan stroke pendarahan atau stroke hemogamik yaitu stroke yang dapat terjadi jika pasokan darah yang mengalir ke otak terjadi gangguan di akibatkan oleh pembuluh darah yang pecah di dalam otak manusia, sehingga otak akan mengalami pendarahan dan menekan otak hingga menjadi mengakibatkan gangguan pada seluruh tubuh.
Penyebab Stroke Hemoragik
Penyebab Stroke Hemoragik
Otak yang terdapat di dalam kepala manusia, merupakan organ yang mengendalikan segala sesuatu ditubuh manusia, seperti mengatur gerakan, berbicara, emosi dan pemahaman. Kerusakan yang terjadi pada otak manusia bisa mempengaruhi fungsi-fungsi tersebut. sekitar 15 orang dari 100 orang penderita stroke mengalami stroke hemoragik dan biasanya kondisi seperti ini di rasakan oleh oarang yang sudah berusia lanjut, namun tidak menutup kemungkinan akan menyerang pada usia mudah sekalipun. Gejala stroke hemoragik umumnya lebih parah di bandingkan dengan gejala stroke iskemik.

Jenis-jenis  dan Gejala Stroke Hemoragik

Stroke pendarahan ataua stroke hemoragik di bagi menjadi dua jenis utama stroke hemoragik, yaitu :

Stroke Hemoragik Intraserebral

Stroke ini terjadi di sebabkan oleh pendarahan di dalam otak akan mengakibatkan mati rasa atau kesemutan pada satu sisis tubuh, kelemahan, kesulitan memahami dan berbicara, pusing kepala atau penglihatan mata menjadi kabur. Gejala ini biasanya di sertai dengan sakit kepala tiba-tiba, muntah, perubahan kesadaran atau leher kaku.

Stroke Hemoragik Subarachnoid 

Penyebab Stroke Hemoragik
Penyebab Stroke Hemoragik
Stroke inilah yang di sebabkan oleh pendarahan yang terjadi pada permukaan otak dalam ruang subarochnoid atau stroke yang di bentuk oleh dua lapisan membran yang terdapat di antara otak dan tulang tengkorak kepala. Apabila darah yang berada di dekat otak pecah dan mengalami kebocoran tersebut masuk ke dalam ruang subarchnoid yang di sebut dengan Subarchnoid haemorrhage (SAH). Dan inilah jenis stroke yang paling serius dan sekitar 5 persen penderita stroke jenis ini tidak dapat bertahn hidup.

Penyebab Stroke Hemoragik

Berikut ini ada beberapa hal yang dipastikan menjadi penyebab stroke hemoragik, antara lain :

Hipertensi

Penyebab stroke yang utama adalah hipertensi atau lebih di kenal dengan tekanan darah tinggi yang menyebabkan sekitar dua per tiga dari semua jenis penyakit stroke karena pendarahan. Dengan terjadinya hipertensi maka akan melemahkan arteri dan akan membuat mereka lebih rentan robek.  Faktor resiko yang akan di rasakan oleh penderita tekanan darah tinggi atau hipertensi seperti minum minuman alkohol secara berlebihan, merokok, kelebihan berat badan atau obesitas, stress dan kurang olahraga. Semua hal tersebut bisa menyebabkan terjadinya peningkatan sementara dalam tekanan darah.

Aneurisma

Aneurisma merupakan titik lemah pada arteri yeng sudah menggelembung keluar serta sudah berbentuk seperti kantong. Biasanya dinding arteri tebal dan kuat namun dari dinding aneurisma itu sendiri sebenarnya tipis, lemah dan mudah bergerak, maka dari itu mereka akan mudah robek. Anerisma berry itulah sebutan dari aneurisma karena terkadang terlihat seberti buah berry yang kecil.

Pembuluh Darah Abnormal

Kelainan pembuluh darah atau lebih dikenal dengan malformasi pembuluh darah, dan terkadang orang-orang yang terlahir dengan keadaan kelainana pembuluh darah ini terdiri dari jalinan pada pembuluh darah atau pembesaran pembuluh darah. Sampai saat ini belum dapat di pastikan apa yang menjadi penyebab beberapa orang mengalami malformasi, namun hal ini sangat langka dan sulit di temukan. Ada beberapa jenis kelainan pembuluh darah atau malformasi pembuluh darah yang menjadi penyebab stroke hemoragik  karena di sebabkan oleh pendarahan di otak apabila dinding pembuluh darah yang tipis ini menjadi pecah. Malformasi yang paling sering ditemukan yaitu malformasi cavernosa, vena, fistula arteri vena dari duramater dan anomali perkembangan vena.

Angiopati Amiloid Serebral

Angiopati amiloid serebral merupakan suatu kondisi yang dimana protein amiloid menumpuk didalam pembuluh darah otak manusia, dan tentunya hal tersebut menyebabkan kerusakan yang dapat mengakibatkan arteri menjadi sobek. Dan biasanya kondisi seperti ini sangat umum terjadi pada kalangan orang usia lanjut. Biasanya CAA (cerebral amyloid angiopathy) menyebabkan pendarahan yang terjadi di daerah otak tertentu yang dekat ke pemukaan (lobar). Dengan adanya posisi tersebut, maka darah juga bisa bocor ke dalam ruang subarachnoid. Sebuah studi menunjukan bahwa sekitar 63% dari jenis pendarahan yang terjadi di otak, darah juga bisa bocok ke ruang subarachnoid.

Obat-obatan

Pendarahan pada otak bisa terjadi apabila penderita mnegkonsumsi obat-obat untuk mencegah pembekuan darah dan juga tidak terkontrol yang disebut obat antikoagulan, biasanya obat ini di konsumsi bertujuan untuk mengurangi resiko stroke yang di akibatkan karena penyumbatan jika orang tersebut mengalami irama jantung yang tidak teratut yang di sebut dengan atrium fibrasi.
Posted in Penyebab Stroke | Tagged , , , , , | Leave a comment

Faktor Penyebab Penyakit Stroke

Penyakit stroke merupakan suatu penyakit yang sering dikumpai dimasyarakat modern sekarang ini. Bukan hanya penderitanya yang dihadapkan pada suatu keadaan yang sangat menyiksa, namun juga keluarga manapun pada orang terdekat, beban yang ditimbulkan buasanya dari penderita penyakit strokemencakup beberapa hal, mulai dari segi fisik, emosi, maupun keuangannya. Dengan semua beban dipanggul seorang penderita penyakit stroke, sebagai keluarga, bagaimana cara kita menghadapinya?
Penderita penyakit pasca-stroke justru memerlukan perhatian yang lebih dari orang-orang yang mengasihinya, karena ini akan membantu proses pemulihannya menjadi lebih cepat. Ada fakta yang menarik, tidak ada satu pun serangan stroke ytang sama, dan tidak ada satu pun reaksi yang sama diantara dua orang yang terserang penyakit stroke. Salah satu faktor penyebab penyakit stroke adalah obesitas.
Mengapa obesitas disebut sebagai faktor penyebab penyakit stroke? Hal ini dikarenakan berat badan dan indeks massa tuuh yang mempunyai hubungan yang erat dengan tekanan darah. Distribusi lemak yang ada pada tubuh juga merupakan faktor yang penting dalam hubungannya dengan penyakit hipertensi. Hal inilah yang kemudian memacu dari terjadinya penyakit hipertensi, yang pada akhirnya bisa menjadi pemicu dari terjadinya penyakit stroke. Ada cara perhitungan berat badan yang cukup mudah, yakni dengan menilai dari Indeks Massa Tubuh (IMT) yang merupakan hasil perhitungan dari contohnya :
Seseorang dengan berat badan 50 kg dan tinggi badan 170 cm, maka Indeks Massa tubuhnya adalah 50/(1,7)² = 17,30 .
Salah satu faktor penyebab penyakit stroke adalah karena merokok. Merokok bukan hanya menjadi faktor pemicu penyakit stroke namun juga merupakan faktor pemicu dari penyakit jantung koroner, penyakit lainnya juga. Seperti yang diketahui, asap rokok mengandung lebih dari seribu macam zat kimia berbahaya misalnya sepert ter, nikotin, karbonmonoksida, dan sebagainya. Merokok ini menyebabkan aliran darah di dalam tubuh menjadi lebih lambat menyebabkan darah menjadi lebih cepat menggumpal, dan mendorong terjadiny ateroksllerosis ppada pembuluh darah otak, jantung, dan juga tungkai.
Posted in Penyebab Stroke, Stroke | Tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , | Leave a comment

Penyebab Gejala Stroke

Penyakit stroke adalah gejala-gejala defisit dari fungsi susunan saraf yang diakiibatkan oleh penyakit pembuluh darah otak dan bukan oleh yang lain dari itu. Stroke ini merupakan penyakit serebrovaskuler atau pembuluh darag otak karena kematian dari jaringan otak atau infark serebral yang penyebab gejala stroke ini adalah karena berkurangnya aliran darah dan oksigen ke otak dikarenakan adanya suatu sumbatan atau penyempitan dan pecahnya pembuluh darah. Stroke merupakan sindrom klinis yang timbulnnya secara mendadak, progresinya cepat, berupa defisit neurologis fokal dan atau global, yang berlangsung selama kurang lebih 24 jam atau lebih. Jika gangguan peredaran darah otak ini kemudian berlangsung sementara, beberapa detik hingga beberapa jam kebanyak 10-20 menit., tapi kurang dari 24 jam disebut sebagai suatu serangan iskemia otak sepintas.
Penyakit stroke ini adalah suatu syndrome klinik yang diawali dengan munculnya mendadak progresif cepat berupa deficit neurologis vocal ataupun global yang bisa berlangsung 24 jam lebih yang penyebab gejala stroke ini gangguan peredaran darah otak nerotraumatik. Penyakit stroke merupakan suatu penyakit dari kehilangan fungsi otak yang disebabkan karena suplai darah yang berhenti pada bagian otak.
Penyebab gejala stroke adalah karena migraine, hipertensi atau penyakit tekanan darah tinggi, diabetes melitus, kolesterol tinggi, aterosklerosis, gangguan jantung, penyakit  stroke dalam keluarga, penyakit ginjal, penyakit  vascular perifer.
Sedangkan penyebab gejala stroke dari faktor perilaku adalah kurang berolahragak, merokok, makanan yang tidak sehat, kontrasepsi oral, mendengkur, narkoba, obesitas, stress dan jugta  cara hidup. Para penderita penyakit trombosit juga bisa menjadi pemicu dari terjadinya penyakit stroke ini. Trombosis serebral terjadi pada pembuluh darah dimana oklusi terjadi thrombosis yang bisa menyebabkan masalah iskemia jaringan otak, edema dan kongesti diarea sekitarnya. Sedangkan emboli serebral penyumbatan yang terjadi pada pembuluh darah otak karena bekuan darah,  lemak atau udara. Kebanyakan emboli ini berasal dari thrombus di jantung yang terlepas dan menyumbat sistem arteri serebral.
Posted in Penyebab Stroke | Tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , | Leave a comment

Faktor Risiko Timbulnya Stroke

Sebagian besar stroke terjadi akibat kombinasi faktor penyebab medis (misalnya, peningkatan tekanan darah) dan faktor penyebab perilaku (misalnya merokok). Penyebab-penyebab ini disebut “faktor risiko”. Sebagian faktor risiko dapat dikendalikan atau dihilangkan sama sekali baik dengan cara medis, misalnya minum obat tertentu atau dengan cara nonmedis, misalnya perubahan gaya hidup. Ini disebut faktor risiko yang dapat dimodifikasi. Diperkirakan bahwa hampir 85% dari semua stroke dapat dicegah dengan mengendalikan faktor-faktor risiko yang dapat dimodifikasi tersebut.
faktor risiko stroke
Namun, terdapat sejumlah faktor risiko yang tidak dapat diubah. Faktor risiko yang tidak dapat diubah. Faktor risiko yang tidak dapat dimodifikasi ini mencakup penuaan, kecenderungan genetis dan suku bangsa. Faktor risiko medis pada stroke mencakup :
Hipertensi (tekanan darah tinggi)
– Tingginya kadar zat-zat berlemak seperti kolesterol di dalam darah
– Aterosklerosis (mengerasnya arteri)
– Berbagai gangguan jantung, termasuk fibrilasi atrium (misalnya denyut jantung tidak teratur), diabetes dan aneurisma intrakranium yang belum pecah
– Riwayat stroke dalam keluarga atau penanda genetis lainnya
Migrain
Banyak dari faktor risiko ini saling berkaitan dan dapat saling memperparah. Sebaagai contoh, orang dengan tekanan darah tinggi cenderung menderita penyakit jantung dan aterosklerosis serta diabetes mendorong terjadinya ateroklerosis dan peningkatan tekanan darah.
Risiko terkena stroke meningkat dengan kombinasi dari faktor-faktor risiko. Namun kebanyakan faktor risiko dapat dihindari atau dapat dikontrol secara efisien.
Faktor risiko perilaku adalah faktor yang terjadi akibat perilaku atau gaya hidup seseorang. Faktor yang terpenting adalah merokok (aktif dan pasif), makanan yang tidak sehat, konsumsi alkohol berlebihan, tidak banyak aktivitas fisik, mendengkur dan apnea tidur, kontrasepsi oral, narkoba (misalnya heroin, amfetamin, kokain dan mariyuana) serta kelebihan berat badan.
1. Merokok
Merokok meningkatkan risiko terkena stroke 4 kali lipat. Hal ini berlaku bagi semua jenis rokok dan untuk semua tipe stroke, terutama perdarahan subaraknoid dan stroke iskemik. Merokok menyebabkan penyempitan dan pengerasan arteri di seluruh tubuh (termasuk yang ada di otak, jantung dan tungkai), sehingga merokok mendorong terjadinya aterosklerosis, mengurangi aliran darah dan menyebabkan darah mudah menggumpal. Merokok juga meningkatkan pembentukan dan pertumbuhan aneurisma intrakranium.
2. Makanan yang tidak sehat
Untuk mempertahankan berat badan, seorang dewasa yang sehat rata-rata memerlukan asupan makanan harian sekitar 30-35 kkal untuk setiap kilogram beratnya. Bagi orang yang lebih tua, kebutuhan ini mungkin lebih sedikit, terutama jika mereka tidak banyak beraktivitas fisik.
Makanan adalah satu-satunya sumber energi kita, tetapi jenis makanan yang berbeda memiliki kandungan kalori yang berbeda. Secara rata-rata :
– Lemak (misalnya, mentega biasa, minyak goreng, lemak daging, dan margarin) menghasilkan 9 kkal/gram.
– Protein (misalnya daging dan produk hewani dan termasuk susu dan produk susu, kacang-kacangan) menghasilkan 4 kkal/gram.
– Karbohdirat (misalnya roti, sereal, buah dan sayur menghasilkan 4 kkal/gram).
– Alkohol menghasilkan 7 kkal/gram
3. Kelebihan alkohol
Meskipun mengonsumsi alkohol dalam jumlah ringan (kurang dari 30 gram per hari untuk pria dan kurang dari 15 gram untuk wanita.
4. Kurangnya aktivitas fisik
Orang yang kurang aktif secara fisik (mereka yang berolharga kurang dari tiga kali atau kurang per minggu, masing-masing selama 30 menit) memiliki hampir 50% peningkatan risiko terkena stroke dibandingkan dengan mereka yang aktif. Kurangnya aktifitas fisik dapat menyebabkan masalah berat badan dan meningkatkan tekanan darah serta berkaitan dengan diabetes yang semuanya merupakan faktor risiko stroke yang penting.
Posted in Penyebab Stroke, Stroke | Tagged , , , , , , , , , , , , , , , | Leave a comment

Penyebab Dari Penyakit Stroke

Terhambatnya aluran darah ke otak beberapa detik saja dapat menyebabkan seseorang pingsan. Apalagi penyumbatan atau pecahnya pembuluh darah di otak, bisa menyebabkan sel-sel saraf di otak menjadi rusak dan mengakibatkan kelumpuhan. Berbagai faktor bisa menjadi penyebab dari penyakit stroke, seperti faktor keturunan, gaya hidup dan komplikasi penyakit.
stroke
Orang-orang yang memiliki satu atau lebih faktor resiko penyebab dari penyakit stroke dibawah ini digolongkan ke dalam stroke prone person, yaitu orang yang memiliki kemungkinan lebih besar mengalami serangan stroke daripada orang normal suatu saat selama perjalanan hidupnya apabila tidak dikendalikan. Berikut penyebab dari penyakit stroke :
1. Keturunan.
Para ahli kesehatan meyakini terdapat hubungan antara resiko stroke dengan faktor keturunan, walaupun secara tidak langsung. Pasien yang memiliki anggota keluarga dengan riwayat stroke perlu mewaspadai faktor-faktor yang dapat menyebabkan stroke, seperti hipertensi dan hiperkolesterol.
2. Jenis kelamin
Menurut studi kasus yang sering ditemukan laki-laki lebih beresiko terjena stroke tiga kali lipat dibandingkan dengan wanita. Laki-laki cenderung terkena stroke iskemik, sedangkan wanita cenderung terkena stroke hemoragik.
3. Umur
Mayoritas stroke menyerang orang berusia diatas 50 tahun. Namun, dengan pola makan dan jenis makanan yang ada sekarang ini, tidak menutup kemungkinan stroke bisa menyerang mereka diusia muda.
4. Ras
Rasa kulit hitam lebih beresiko terkena stroke dibandingkan dengan ras kulit putih. Hal ini disebabkan, dugaan dari angka kejadian hipertensi dan konsumsi garam yang tinggi pada ras kulit hitam.
5. Hipertensi
Hipertensi dapat menyebabkan stroke iskemik maupun hemoragik. Hipertensi menyebabkan terjadinya kerusakan pada sel-sel endotel pembuluh darah melalui mekanisme perusakan lipid dibawah otot polos. Karena itu, sangat penting untuk mempertahankan tekanan darah dalam keadaan normal untuk menurunkan resiko terjadinya serangan stroke.
6. Gaya hidup tidak sehat seperti mengonsumsi makanan tinggi lemak dan tinggi kolesterol, kurang aktivitas fisik, dan kurang olaharag, meningkatkan resiko terkena penyakit stroke.
Posted in Penyebab Stroke | Tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , | Leave a comment

Apa Penyebab Stroke

Terhambatnya alairan darah ke otak beberapa detik saja dapat menyebakan seseorang pingsan. Apalagi penyumbatan atau pecahnya pembuluh darah di otak, bisa menyebabkan sel-sel saraf di otak menjadi rusak dan mengakibatkan kelumpuhan. Berbagai faktor bisa menyebabkan serangan stroke, sepert faktor keturunan, gaya hidup dan komplikasi penyakit.
Orang-orang yang memiliki satu atau lebih faktor risiko di bawah ini diogolongkan ke dalam stroke prone person, yaitu orang yang memiliki kemungkinan lebih besar mengalami serangan stroke daripada orang normal suatu saat selama perjalan hidupnya apabila tidak dikendalikan.
Berikut penyebab atau faktor risiko yang menyebabkan seseorang mengalami serangan stroke :
1. Keturunan
Para ahli kesehata meyakini erdapat hubungan antara risio stroke dengan faktor keturunan, walaupun secara tidak langsung. Pasien yang memiliki anggota keluarga dengan riwayat stroke perlu mewaspadai faktor-faktor yang dapat menyebabkan stroke, seperti hipertensi dan hiperkolesterol.
2. Jenis kelamin
Menurut studi kasus yang sering ditemukan, laki-laki lebih berisiko terkena stroke tiga kali lipat dibandingkan dengan wanitta. Laki-laki cenderung terken stroke iskmeik, sedangkan wanita cenderung terkena stroke hemoragik.
3. Umur
mayoritas stroke menyerang orang berusia di atas 50 tahun. Namun,  dengan pola makan dan jenis makanan yang ada sekarang ini, tidak menutup kemungkinan stroke bisa menyrang mereka yang berusia muda.
4. Ras
Ras kulit hitam lebih berisiko terkena stroke dibandingkan dengan ras kulit putih. Hal ini disebabkan, dugaan dari angka kejadian hipertensi dan konsumsi garam yang tinggi pada ras kulit hitam.
5. Kurang olahraga
Kurang aktivitas fisik, dan kurang olahraga, meningkatkan risiko terkena penyakit stroke. Hal ini disebabkan, gaya hidup yang tidak sehat rentan terkena obesitas, diabetes, arteriosklerosis dan penyakit jantung. Penyakit tersebut sebagai salah satu pemicu terjadinya stroke.
6. Rokok
Nikotin dalam rokok menyebabkan peningkatan denyut jantung dan tekanan darah, menurunkan kolesterol HDL, meningkatkan kolesterol LDL, dan mempercepat arteriosklerosis. Kebiasaan merokok merupakan faktor risiko yang potensial terhadap serangan stroke iskemik dan perdarahan akibat pecahnya pembuluh darah pada daerah posterior otak. Perokok berat mempunyai risiko terkena stroke dua kali lipat. Risiko terkena stroke akan berkurang jika telah berhenti merokok selama lima tahun dibandingkan dengan terus merokok.
Posted in Penyebab Stroke, Stroke | Tagged , , , , , , , , , , , , , , , | Leave a comment

Penyebab Penyakit Stroke

Siapapun dapat memiliki terserang stroke. Tetapi kemungkinan itu meningkat jika seseorang memiliki faktor resiko tertentu yang dapat menyebabkan stroke. Kabar baiknya bahwa sampai 80% stroke sebenarnya dapat di cegah.
Ada dua jenis faktor resiko untuk stroke, faktor yang bisa dikendalikan dan yang tidak bisa dikendalikan. Untuk faktor yang bisa dikendalikan umumnya merupakan faktor resiko gaya hidup atau faktor resiko medis. Keduanya dapat dikelola dengan bekerja sama dengan dokter, yang bisa meresepkan obat-obat dan memberikan nasihat tentang bagaimana untuk mengadopsi gaya hidup sehat.
Beberapa faktor resko untuk stroke yang tidak dapat diubah :
  • Umur : Semakin tua seseorang, semakin besar resiko terserang stroke.
  • Jenis kelamin : Pria memiliki kemungkinan lebih besar mengalami stroke daripada wanita
  • Mempunyai sejarah kesehatan keluarga penderita stroke
  • Pernah mengalami stroke sebelumnya
  • Mempunyai displasia fibromuskular, yaitu gangguan medus dimana beberapa arteri yang membawa darah ke seluruh tubuh tidak berkembang sebagaimana mestinya. Jaringan fibrosa tumbuh di dinding arteri, menyebabkan merteka sempit. Akibatnya, aliran darah melalui arteri berkurang yang dapat menyebabkan stroke.
  • Mempunyai lubang di jantung. Semua orang dilahirkan dengan penutup di jantung dan seharusnya bisa membuka dan menutup dengan sendirinya segera setelah lahir. Pada beberapa orang, penutup ini terus terbuka diantara kedua bilik jantung (atrium kiri dan kanan). Pembukaan ini daoat memungkinkan bekuan darah daru satu bagian tubuh melakukan perjalanan sampai ke otak dan menyebankan stroke.
Faktor resiko yang dapat diubah dengan perawatan medis :
  • Menderita diabetes mellitus
  • Menderita migrain
  • Menderita tekanan darah tinggi
  • amenderita koelsterol tinggi
  • Menderita masalah sirkulasi darah
Faktor resiko untuk stroke yang bisa dikendalikan oleh perubahan gaya hidup :
  • Merokok : Nikotin meningkatkan tekanan darah dan karbon monoksida sehingga mengurangi jumlah oksigen ke otak dan asap rokok membuat darah menjadi lebih kental dan lebh mungkin untuk membeku.
  • Mengonsumsi alkohol : Bisa meningkatkan tekanan darah dan menyebabkan pendarahan di otak
  • Obesitas : Kelebihan berat badan meningkatkan resiko anda mengalami stroke
  • Kurang olahraga : Dapat membantu mengendalikan tekanan darah dan kadar dalam rentang normal.
  • Pola makan yang buruk : Diet lemak dapat menyebabkan kondisi terjadinya stroke.

Posted in Penyebab Stroke | Tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , | Leave a comment

Penyebab Stroke Di Usia Muda

Seperti yang kita ketahui, stroke adalah penyakit yang tidak dapat di duga kapan terjadinya, tetapi stroke adalah penyakit yang dapat diperkirakan dan dapat dicegah dengan cara mengontrol faktor-faktor resikonya. 
Faktor resiko stroke dibagi menjadi dua yaitu faktor resiko yang bisa di modifikasi dan faktor resiko yang tidak bisa di modifikasi seperti usia, jenis kelamin, ras, dan kecenderungan genetis. Faktor resiko yang dapat di modifikasi diantaranya adalah : tekanan darah tinggi (hipertensi), kolesterol (hiperkolesterol), kegemukan (obesitas), kencing manis (diabetes), penyakit jantung, merokok dan alkohol.
Faktor resiko lainnya termasuk penggunaan pil kontrasepsi, terapi sulih hormon, dan kehamilan. Seseorang bisa mengurangi kemungkinan stroke apabila ia dapat mengelola faktor-faktir resiko yang dapat di modifikasi. Bagi anda yang sudah pernah mendapat serangan stroke sebelumnya, mengelola faktor-faktor resiko yang masih daoat di modifikasi ini juga akan mengurangi kemungkinan anda terkena serangan stroke berikutnya.
Stroke dapat disebabkan oleh faktor keturunan karena faktor-faktor resiko terjadinya stroke seperti hipertensi dan kencing manis umumnya menurun dari satu generasi ke generasi berikutnya. Dan dalam beberapa panelitian memang ditemukan kaitan keturunan dengan angka kejadian stroke.
Stroke dapat menyerang siapa saja mulai dari anak-anak sampai dewasa. Tidak ada patokan mengenai usia berapa seseorang rawan terkena stroke, walaupun memang biasanya stroke menyerang seseorang yang berusia diatas 65 tahun (stroke pada anak sangat jarang dan biasanya di hubungkan dengan kelainan bawaan /kongenital). Sekarang ini, dengan pola hidup tidak sehat diperkotaan, stroke bahkan dapat menyerang seseorang yang berusia 30 tahun.
Tidak dapat dikatakan bahwa makanan yang banyak santan dan berbumbu merupakan penyebab stroke, tetapi jenis makanan yang berbumbu, bersantan apalagi berlemak akan menyebabkan penyakit seperti tekanan darah tinggi, kolesterol, atau obesitas. Penyakit-penyakit itulah yang merupakan faktor resiko terjadinya stroke.
Posted in Penyebab Stroke | Tagged , , , , , , , , , , , , , , , | Leave a comment

Penyebab Stroke Ringan

Stroke terjadi karena beberapa sebab, diantaranya adalah:
  1. Penyumbatan arteri
    Penyumbatan arteri di otak oleh gumpalan (trombosis) merupakan penyebab stroke paling umum . Bagian dari otak yang disuplai oleh pembuluh darah yang tersumbat itu kemudian kekurangan darah dan oksigen. Akibatnya, sebagian sel-sel otak kekurangan darah dan oksigen. AKibatnya sebagian sel-sel otak mati dan sel otak yang mengendalikan tubuh itu berhenti bekerja. Biasaya plak kolesterol di pembuluh darah kecil di dalam otak yang pecah secara bertahap menyebabkan penyempitan pembuluh darah dan memulai proses pembentukan bekuan darah kecil.
  2. Stroke emboli
    Penyebab lain adalah bekuan darah atau sepotong plaj aterosklerosis berjalan melalui aliran darah di otak. Ketika aliran darah terhenti, sel-sel otak tidak menerima oksigen dan glukosa yang dibutuhkannya untuk berfungsi sehingga stroke terjadi. Bekuan darah mungkin awalnya tersebntuk di ruang jantung sebagai akibat dari irama jantung yang tidak teratur. Biasanya pembekuan ini tetap melekat pada lapisan dalam jantung, tetapi kadang-kadang bisa pecah, perjalanan melalui aliran darah di otak inilah yang menyebabkan stroke. Emboli bisa juga berasal dari arteri besar di leher yang memasok darah ke otakm dan kemudian menyumbat arteri kecil di dalam otak.
  3. Cerebral hemorrahage
    Sebuah pendarahan otak terjadi bila pembuluh darah di otak pecah dan berdarah ke dalam jaringan otak sekitarnya. Sebuah pendarahan otak menyebabkan stroke dengan mengehentikan pasokan darah dan oksigen ke otak. Selain itu, darah itu tidak dapat menyebabkan pembengkakan jaringan otak (edema serebral). Edema dan akumulasi darah meningkatkan pendarahan otak dan menyebabkan kerusakan lebih lanjut.
  4. Pendarahan subarachnoid
    Dalam pendarahan subarachnoid, darah mengumpul di ruang bawah membran arachnoid yang melapisi otak. Darah berasal dari suatu pembuluh darah abnormal yang bocor atau pecah, seringkali ini adalah suatu aneurisma. Pendarahan subarachnoid biasanya  menyebabkan sakit kepala parah tiba-tiba, mual, muntah, intoleransi cahaya, dan leher kaku. Jika tidak segera mendapat perawatan, bisa mengakibatkan koma dan kematian otak.
  5. Vaskulitis
    Penyebab lain yang jarang dari stroke adalah vaskulitis, yaitu suatu kondisi saat pembuluh darah meradang dan menyebabkan penurunan aliran darah ke jaringan otak.
  6. Migrain
    Migrain atau sakit kepala vaskiular bisa menyebabkan penyempitan pembuluh darah otak. Beberapa kasus migrain bahkan menyerupai stroke dengan menghilangkan fungsi dari satu sisi tubuh atau penglihatan dan kemampuan berbicara.
Posted in Penyebab Stroke | Tagged , , , , , , , , , , , | Leave a comment

Gejala-Gejala Stroke

Gejala-gejala stroke awalnya belum menunjukkan ciri atau tanda yang mudah untuk dikenali atau dilihat, gejala stroke ini akan mudah dikenali seiring berjalannya usia dan waktu atau gejala stroke yang dirasakan semakin terasa. Penyakit stroke memiliki tahapan dalam penyebaran penyakitnya yang mengakibatkan kelumpuhan pada bagian organ tubuh yang diinginkan.
Berikut ini ada beberapa tanda dan gejala yang ditimbulkan dari penyakit stroke, yakni :
1. Gejala sementara
a. Sakit kepala secara tiba-tiba, pusing, bingung
b. Penglihatan kabur atau kehilangan ketajaman pengihatan pada satu atau kedua mata.
c. Kehilangan keseimbangan (limbung), lemah.
d. Rasa kebal atau kesemutan pada sisi tubuh
2. Gejala ringan
a. Mengalami beberapa atau semua gejala stroke sementara
b. Kelemahan/kelumpuhan tangan/kaki
c. Bicara tidak jelas
3. Gejala berat
a. Mengalami beberapa atau semua gejala stroke sementara dan ringan
b. Koma jangka pendek (kehilangan kesadaran)
c. Kelemahan/kelumpuhan tangan/kaki
d. Bicara tidak jelas/ hilangnya kemampuan bicara
e. Sukar menelan
f. Kehilangan kontrol terhadap pengeluaran air seni dan feses
g. Kehilangan daya ingat dan konsentrasi
h. Terjadi perubahan perilaku misalnya : bicara tidak menentu, mudah marah, tingkah laku seperti anak kecil dsb.
Posted in Penyebab Stroke, Stroke | Tagged , , , , , , , , , | Leave a comment

Serangan Stroke

Stroke adalah penyakit degeneratif yang kerap dijumpai pada usia senja. Stroke adalah suatu kondisi yang terjadi ketika pasokan darah suatu bagian otak tiba-tiba terganggu. Dalam jaringan otak, kurangnya aliran darah menyebabkan terhambatnya proses metabolisme sel-sel syaraf yang dapat merusak atau mematikan sel-sel otak. Kematian sel-sel otak ini dapat berjalan perlahan-lahan sehingga mencapai titik kematiannya. Berarti terjadi degenerasi sel-sel otak.
Kematian jaringan otak yang terjadi akibat stroke ini dapat menyebabkan hilangnya fungsi yang dikendalikan oleh jaringan itu. Bila dapat diselamatkan, kadang-kadang penderita mengalami kelumpuhan pada anggota tubuhnya, hilangnya sebagian ingatan atau kemampuan bicaranya.
Gambar penyakit stroke yang mengakibatkan kelumpuhan pada pembuluh darah otak.
Stroke terjadi karena cabang pembuluh darah terhambat oleh sumbatan yang berupa kolesterol atau mungkin udara serta zat lain yang masuk dalam sistem pembuluh darah otak. Sebagian besar penyakit stroke ini hanya menyerang kaum usia lanjut (lansia). Tetapi sejalan dengan perkembangan waktu, kini ada kecenderungan bahwa stroke mengancam usia produktif bahkan dibawah usia 45 tahun. Penyakit stroke pun ternyata dapat menyerang siapa saja tanpa melihat jabatan atau tingkatan sosial ekonomi.
Gejala-gejalanya muncul tanpa diundang dan serangan stroke ini dapat mengakibatkan kelumpuhan dan kecacatan permanen bagi penderitanya. Menurut Ahmad J. Ramadhan, beliau mengungkapkan bahwa di samping penyakit degeneratif, stroke juga termasuk penyakit serebrovaskular (pembuluh darah otak) dan ditandai oleh kematian jaringan otak (infrak cerebral) yang terjadi karena berkurangnya aliran darah dan oksigen ke dalam otak. WHO mendefinisikan stroke sebagai gejala-gejala defisit fungsi susunan saraf yang diakibatkan oleh penyakit pembuluh darah otak.

http://penyebabstroke.com/

0 komentar:

Posting Komentar