Apa Saja Ciri-Ciri Radang Tenggorokan? Berikut Selengkapnya

Apa Saja Ciri Ciri Radang Tenggorokan? Berikut Selengkapnya

Bagi Anda yang pernah mengalaminya mungkin sudah merasakan sendiri bagaimana ciri-ciri radang tenggorokan. Menderita radang tenggorokan tentunya sangat menyiksa dan dapat mengganggu aktifitas Anda. Penyakit ini merupakan penyakit yang sangat sering ditemukan di masyarakat dan dapat dialami oleh siapa saja dari bayi, anak-anak, orang dewasa, sampai orang lanjut usia. Radang tenggorokan dapat berlangsung ringan tetapi pada keadaan tertentu dapat menjadi sangat berbahaya dikarenakan keganasan kuman penyebabnya atau terjadinya komplikasi penyakit lain. Jadi tentunya Anda jangan menyepelekan terjadinya radang tenggorokan. Pencegahan dan pengobatan secara dini sangat dianjurkan supaya penyakit tidak bertambah parah.
Banyak faktor yang dapat menjadi penyebab radang tenggorokan. Yang paling sering adalah karena adanya infeksi mikroorganisme berupa bakteri atau virus. Bakteri yang sering menyebabkan radang tenggorokan yaitu streptococcus, arcanobacterium haemolyticum, bordetella pertusis, dan corynebacterium diphteriae. Sedangkan dari kelompok virus yang dapat menjadi penyebab radang tenggorokan adalah influenza, mononucleosis, apthous stomatitis, virus croup, dan campak. Selain karena infeksi mikroorganisme ada berbagai faktor yang dapat memicu terjadinya radang tenggorokan. Faktor tersebut antara lain yaitu karena alergi, iritasi akibat paparan zat-zat kimia, dehidrasi, adanya tumor/kanker, merokok, dan polusi udara.

Beberapa Ciri-Ciri Radang Tenggorokan yang Mudah Ditemukan

Radang tenggorokan biasanya terjadi pada saat daya tahan tubuh sedang menurun. Di tambah lagi dengan kondisi lingkungan yang kurang bersahabat, misalnya pada waktu suhu terlalu dingin, terlalu panas, atau ketika terjadi perubahan musim (pancaroba). Kurangnya kebersihan personal juga dapat memudahkan terjadinya penularan penyakit radang tenggorokan. Anda sebaiknya mengenali ciri-ciri radang tenggorokan berikut ini supaya dapat dilakukan penanganan sejak dini. Ciri-ciri tersebut antara lain:
  1. Tenggorokan gatal, kering, atau nyeri
Ciri-ciri radang tenggorokan yang pertama kali dirasakan pada umumnya penderitanya akan merasakan rasa tidak nyaman di tenggorokan, seperti rasa gatal di tenggorokan, terasa kering, atau nyeri. Jika daya tahan tubuh seseorang dalam kondisi yang sangat baik, biasanya gejala ini dapat sembuh dengan sendirinya setelah orang tersebut beristirahat. Tetapi saat daya tahan tubuh seseorang sedang turun maka kondisinya akan bertambah buruk sehingga akan timbul gejala-gejala lain yang mengikutinya.
Oleh karena itu jika Anda merasakan ciri-ciri tersebut sebaiknya segera melakukan langkah untuk meningkatkan daya tahan tubuh Anda, antara lain yaitu dengan memperbanyak minum air putih hangat, konsumsi buah yang banyak mengandung vitamin C, dan beristirahat yang cukup.
  1. Rasa sakit saat menelan
Selain adanya rasa tidak nyaman di tenggorokan biasanya penderita juga akan merasakan ciri-ciri radang tenggorokan berupa rasa sakit saat menelan. Bahkan ketika menelan ludah pun sakit pun sudah dapat terasa, apalagi untuk menelan makanan. Sehingga jika sudah mengalami rasa sakit saat menelan, maka penderita radang tenggorokan juga akan mengalami penurunan nafsu makan. Dengan menurunnya nafsu makan maka akan menurunkan asupan nutrisi ke dalam tubuh yang dapat menjadikan radang tenggorokan yang diderita semakin parah. Jadi usahakan tetap mengkonsumsi makanan tetapi dalam bentuk yang lebih halus agar dapat melewati tenggorokan tanpa menimbulkan nyeri yang berlebihan.
  1. Batuk dan pilek
Ciri-ciri radang tenggorokan yang berikutnya yaitu batuk dan pilek. Kondisi batuk dan pilek seringkali menyertai terjadinya radang tenggorokan. Terlebih lagi jika di dukung dengan kondisi cuaca yang ekstrim. Tentunya hal ini akan membuat radang tenggorokan yang Anda alami semakin menyiksa, karena selain merasakan tenggorokan yang sakit juga harus mengalami batuk dan pilek yang sering kali berlangsung cukup lama.

      4. Demam

Demam juga merupakan ciri-ciri radang tenggorokan karena adanya mekanisme alami di dalam tubuh akibat masuknya kuman penyakit. Demam merupakan peningkatan suhu tubuh yang biasa menyertai terjadinya proses peradangan. Terjadinya demam biasanya terjadi pada waktu awal masuknya kuman penyakit ke dalam tubuh, dan jika tubuh dapat melakukan perlawanan dengan baik maka demam ini hanya berlangsung singkat dan dapat sembuh dengan sendirinya dengan memperbanyak asupan cairan.
Namun demam tersebut dapat berlangsung lama jika kondisi daya tahan tubuh seseorang menurun atau kuman penyebabnya cukup kuat. Untuk mempercepat penurunan panas, Anda dapat mengkonsumsi obat penurun panas atau periksa ke dokter untuk memastikan diagnosa penyakit.
  1. Perubahan pada pangkal tenggorokan
Ciri-ciri radang tenggorokan juga dapat dilihat secara fisik yaitu adanya perubahan pada pangkal tenggorokan. Memang tidak mudah untuk dilihatnya karena hal ini biasanya dilakukan oleh para tenaga medis dalam melakukan anamnesa pemeriksaan fisik. Tetapi Anda pun juga dapat mengamatinya dengan dibantu teman atau berkaca di cermin dengan mulut terbuka lebar.
Pada pengamatan tersebut jika seseorang menderita radang tenggorokan maka biasanya akan ditemukan perubahan pada pangkal tenggorokan yaitu berupa warna kemerahan, terjadi pembengkakan, timbulnya ruam-ruam, dan pada kasus yang berat dapat muncul nanah, gelembung air yang membentuk bintil-bintil, maupun adanya membran yang menutupi saluran pernafasan.
  1. Pembengkakan kelenjar getah bening
Anda juga dapat mengenali ciri-ciri radang tenggorokan dengan melihat adanya pembengkakan kelenjar getah bening. Kelenjar getah bening ini terletak pada pangkal leher. Pada kondisi yang normal, kelenjar betah bening ini susah teraba karena ukurannya yang sangat kecil. Namun jika terjadi radang tenggorokan, kelenjar getah bening ini dapat teraba menggunakan jari-jari karena ukurannya yang sedikit membesar. Pada kasus radang tenggorokan yang umum terjadi, pembengkakan biasanya hanya kecil dan berlangsung ringan.
Anda harus waspada dan segera periksa ke dokter jika pembengkakan getah bening tersebut semakin membesar bahkan terjadi keluhan yang lebih berat misalnya terjadinya sesak nafas. Sebab pada beberapa kasus pembengkakan kelenjar getah bening juga dapat menjadi indikasi munculnya penyakit yang berat seperti difteri maupun adanya kanker kelenjar getah bening.

Beberapa Hal yang Bisa Dilakukan untuk Mengurangi Radang Tenggorokan

Setelah mengetahui ciri-ciri radang tenggorokan seperti yang telah dipaparkan di atas, maka sebaiknya Anda segera melakukan langkah penanganan agar tidak bertambah parah. Untuk mengobati radang tenggorokan, Anda dapat menggunakan ramuan tradisional dengan bahan-bahan yang mudah ditemukan di sekitar kita, antara lain yaitu dengan menggunakan ramuan jahe, kunyit, jeruk nipis, serai, daun pegagan, bunga belimbing wuluh, dan sebagainya. Tetapi jika radang tenggorokan yang Anda alami tetap tetap membandel dan bahkan menunjukkan indikasi yang semakin parah maka sebaiknya periksakan ke dokter agar diketahui penyebabnya dan mendapatkan terapi yang tepat.
Agar terhindar dari penyakit radang tenggorokan, hal yang dapat Anda lakukan yaitu dengan meningkatkan daya tahan tubuh, antara lain dengan olahraga secara teratur, banyak makan buah dan sayur, serta konsumsi air putih yang cukup. Selain itu Anda sebaiknya menghindari zat atau makanan yang dapat memicu terjadinya radang tenggorokan, antara lain yaitu rokok, debu, asap yang keluar dari kendaraan bermotor, cerobong pabrik atau pembakaran sampah, dan mengurangi makanan yang banyak mengandung minyak. Untuk menghindari penyebaran bakteri atau virus penyebab radang tenggorokan Anda dapat menggunakan masker terutama ketika berada di tempat keramaian atau di lokasi yang banyak terpapar polusi udara.

http://dedaunan.com/apa-saja-ciri-ciri-radang-tenggorokan-berikut-selengkapnya/2/

0 komentar:

Posting Komentar